Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Imbal Hasil Obligasi Melonjak, Wall Street Berakhir Merah

Penurunan harga saham di bursa AS terjadi karena imbal hasil Treasury yang melonjak lebih tinggi di tengah kekhawatiran bahwa Federal Reserve mungkin tidak menurunkan suku bunga sebanyak yang diharapkan. Hasil kinerja keuangan dari McDonald’s juga mengurangi sentimen investor.

Dow Jones Industrial Average turun 274,30 poin, atau 0,71 persen, menjadi 38,380.12. S&P 500 tergelincir 0,32 persen menjadi ditutup pada level 4.942,81. Sementara itu, Nasdaq Komposit turun tipis 0,2 persen dan berakhir pada level 15.597,68.

Imbal hasil obligasi Treasury AS tenor 10 tahun naik lebih dari 13 basis poin menjadi 4,16 persen karena investor menilai serangkaian data ekonomi baru yang kuat yang menunjukkan bahwa suku bunga mungkin akan tetap tinggi lebih lama dari yang diperkirakan. Imbal hasil acuan diperdagangkan sekitar 3,81 persen minggu lalu.

“Ini adalah kalibrasi ulang mengenai seberapa cepat The Fed akan melakukan perubahan,” kata co-chief investment officer Truist Keith Lerner.

“Ketegangan antara data perekonomian yang kuat dan kebijakan The Fed kemungkinan akan membuat perdagangan melakukan serangkaian penyesuaian,” jelas dia.

Komentar Ketua Fed Jerome Powell pada hari Minggu menunjukkan bahwa penurunan suku bunga pada bulan Maret tidak mungkin terjadi. Ekspektasi pemotongan telah berkurang sejak pernyataan tersebut, FedWatch Tool dari CME Group mencatat 16,5 persen keyakinan investor bahwa The Fed akan melakukan pemotongan suku bunga pada bulan depan.

Musim pendapatan terus berlanjut, dengan pendapatan McDonald's yang ambles 3,7 persen setelah membukukan hasil kuartal yang beragam. Hasil ini meningkatkan kekhawatiran mengenai pendapatan dari perusahaan-perusahaan di luar raksasa teknologi dan apakah mereka dapat memberikan hasil di sisa musim ini.

Di tempat lain, saham Boeing merosot 1,3 persen karena ada banyak masalah pada 737 Max. Saham Tesla juga menyeret pasar lebih luas, dengan penurunan 3,7 persen karena kekhawatiran akan meningkatnya persaingan dan tekanan harga yang terus-menerus terhadap raksasa kendaraan listrik tersebut.

https://money.kompas.com/read/2024/02/06/070642126/imbal-hasil-obligasi-melonjak-wall-street-berakhir-merah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke