Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ESG adalah Apa? Ini Pengertiannya

Environmental, Social, and Governance (ESG) bisa dijadikan sebagai salah satu pertimbangan masyarakat dalam memanfaatkan produk-produk keuangan.

Ini berguna agar produk keuangan tak hanya memberikan dampak ekonomi, tapi juga mempunyai dampak terhadap sosial dan lingkungan, serta mendorong tercapainya ESG.

Lantas, apa itu pengertian tentang Environmental, Social, and Governance (ESG)?

Apa itu ESG?

Environmental, Social, dan Governance (ESG) adalah konsep yang mengedepankan kegiatan pembangunan, investasi, maupun bisnis yang berkelanjutan dengan tiga faktor utama, yaitu lingkungan, sosial dan tata kelola.

Artinya, segala bentuk aktivitas maupun pengambilan keputusan perusahaan jasa keuangan juga bisa menerapkan secara penuh prinsip-prinsip pelestarian lingkungan, tanggung jawab sosial, dan tata kelola yang baik.

  • Environment

Evironment adalah faktor lingkungan di mana perusahaan mempertimbangkan dampak operasional bisnis terhadap lingkungan, termasuk perannya sebagai pengurus lingkungan.

Unsur lingkungan meliputi:

  • Social

Social adalah faktor sosial di mana perusahaan mempertimbangkan hubungan dan reputasi perusahaan terhadap stakeholder-nya dan bagaimana perusahaan membinanya.

Stakeholder ini termasuk masyarakat, komunitas, supplier, konsumen, karyawan dan pihak terkait dari Perseroan.

Unsur sosial meliputi:

  • Governance

Governance adalah faktor tata kelola di mana perusahaan mempertimbangkan prinsip tata kelola perusahaan dalam mengatur dirinya sendiri.

Unsurigovernance atau tata kelola meliputi:

Perlu diketahui, ESG memungkinkan masyarakat memperoleh imbal hasil kompetitif dan diversifikasi investasi dari produk keuangan yang dimanfaatkan.

Perusahaan berbasis ESG relatif lebih memiliki ketahanan yang tinggi saat masa krisis, dan bisa menciptakan value maupun keuntungan jangka panjang.

Demikian rangkuman mengenai apa itu pengertian ESG. Informasi selengkapnya bisa diakses di sini.

https://money.kompas.com/read/2024/02/10/160000626/esg-adalah-apa-ini-pengertiannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke