Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Menghemat Uang Belanja Saat Harga Bahan Pokok Melonjak

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah harga bahan pokok melonjak dalam beberapa waktu terakhir. Jika Anda tidak menghasilkan banyak uang atau jika Anda terkena dampak kenaikan harga bahan pokok, Anda mungkin mencari cara untuk menghemat uang untuk belanja bahan makanan.

Penting untuk benar-benar mulai mempertimbangkan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan ketika masa-masa sulit.

Salah satu cara termudah untuk menghemat uang untuk membeli makanan adalah dengan mengurangi jumlah belanjaan Anda. Namun, ada juga beberapa langkah lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menghemat uang belanja.

Dikutip dari The Balance, Senin (26/2/2024), berikut beberapa cara menghemat uang belanja saat harga-harga pangan melonjak.

1. Cari diskon

Salah satu cara termudah untuk menghemat uang belanja adalah dengan membeli barang-barang yang sedang diskon. Jika Anda tahu bahwa Anda akan sering menggunakan produk tertentu, maka belilah sebagai stok.

Anda dapat membekukan sebagian besar daging setidaknya selama tiga bulan dengan aman. Produk kertas seperti tisu dan barang lainnya memiliki umur simpan lebih lama.

Anda mungkin perlu mempertimbangkan dengan hati-hati jumlah produk yang Anda beli, namun Anda dapat berbelanja penjualan dengan membeli apa pun yang sedang dijual pada minggu itu.

2. Biasakan membuat daftar belanja

Anda akan menghemat banyak uang untuk membeli bahan makanan jika Anda membawa daftar belanja. Penting untuk tetap berpegang pada daftar dan memastikan bahwa Anda membeli semua yang ada di dalamnya.

Ini akan mencegah Anda melakukan pembelian impulsif dan membantu Anda menghindari perjalanan kembali ke toko karena Anda lupa suatu barang.

Pergi ke toko untuk membeli sesuatu yang Anda lupa biasanya berarti Anda membeli beberapa barang yang tidak Anda perlukan. Daftar belanja benar-benar dapat membantu Anda menghemat uang dan waktu.

3. Rencanakan menu masakan

Jika Anda merencanakan menu masakan seminggu atau sebulan sebelumnya, Anda akan dapat memanfaatkan peluang diskon dalam jumlah besar. Ini juga akan mencegah Anda makan di luar.

Anda mungkin menyadari bahwa Anda bisa memasak hidangan serupa dalam satu hari, lalu membekukan hidangan lainnya untuk nanti. Ini akan membantu pada hari-hari ketika Anda tidak ingin memasak.

Anda juga dapat merencanakan menu berdasarkan promo diskon di supermarket, yang akan membantu Anda memanfaatkan diskon. Jika Anda tidak ingin membuat rencana menu masakan sendiri, Anda dapat mengambil inspirasi rencana menu secara online.

4. Ganti merek

Anda dapat menghemat banyak uang dengan membeli merek internal supermarket. Anda mungkin akan terkejut dengan kualitas barang merek tersebut.

Penting untuk disadari bahwa banyak produk merek supermarket dibuat dan dikemas di pabrik yang sama dengan merek ternama. Toko-toko tersebut tidak memiliki biaya iklan yang tinggi dan dapat membuat Anda berhemat.

https://money.kompas.com/read/2024/02/26/073100726/4-cara-menghemat-uang-belanja-saat-harga-bahan-pokok-melonjak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke