Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko Airlangga Pamer Hasil "Quick Count" Pemilu di Hadapan Dubes Klub Negara Maju

Ketika membuka diskusi tersebut, Airlangga sempat menyinggung hasil hitung cepat atau quick count dari pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) 2024.

Di hadapan para duta besar "klub negara maju", Airlangga bilang, quick count merupakan sebuah metode penghitungan hasil pemilu yang tidak pernah digunakan oleh negara demokrasi lainnya.

"Indonesia menunjukan hasil (pemilu) melalui metode ilmiah yang kami sebut quick count, itu tidak pernah terjadi di negara lainnya," ujar Airlangga, di Hotel Langham, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

"Dan masyarakat Indonesia mempercayai itu," sambungnya.

Airlangga bilang, dengan jumlah pemilih pemilu 2024 mencapai 205 juta pemilih, Indonesia menjadi negara demokrasi terbesar ketiga dunia, dan juga salah satu tertinggi dibanding negara anggota OECD.

"Jadi saya pikir (hasil quick count) itu merupakan suatu torehan historis dari proses yang begitu besar," kata Airlangga.

Menurutnya, gelaran pemilu presiden yang telah dijalankan pada 14 Februari lalu menandakan, sistem demokrasi di Indonesia semakin matang.

"Dan yang terpenting, para pemilih mendukung pemerintahan baru yang menjanjikan stabilitas dan kemakmuran," ucapnya.

Sebagai informasi, diskusi aksesi merupakan bagian dari rangkaian proses Indonesia bergabung menjadi anggota tetap OECD.

Sebelumnya, Airlangga bilang, proses aksesi diharapkan dapat menjadi katalisator untuk mendorong peningkatan pendapatan per kapita Indonesia.

Selain itu, keanggotaan Indonesia dan penyelarasan peraturan dengan standar OECD juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat umum, seperti meningkatkan nilai investasi, mendorong UMKM menjadi pemain global, hingga meningkatkan kualitas SDM.

”Kami juga berharap agar aksesi OECD bisa mendukung program prioritas Pemerintah Indonesia, antara lain ekonomi hijau, digitalisasi, pengembangan SDM, good governance, dan mendorong Indonesia segera lepas dari middle-income trap," ujar Airlangga, Rabu (20/2/2024).

https://money.kompas.com/read/2024/02/29/073000326/menko-airlangga-pamer-hasil-quick-count-pemilu-di-hadapan-dubes-klub-negara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke