Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Beras Mahal, Harga Menu di Warteg Ikut Naik | Jadwal Mudik Gratis Kemenhub 2024

1. Beras Mahal, Harga Makanan di Warteg Ikut Terkerek

Harga nasi dan lauk yang dijual di warung Tegal (warteg) dan tempat makan lainnya mengalami kenaikan pada Februari lalu.

Ini salah satunya dipicu oleh tingginya harga beras. Deputi Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) M. Habibullah mengatakan, kenaikan harga nasi dan lauk di warteg dan tempat makan lainnya terefleksikan pada komponen inflasi komoditas nasi dan lauk pauk.

"Harga makanan di warteg yang dapat digambarkan oleh komoditas nasi dan lauk pauk, jadi ketika kita makan di mana pun, juga tidak hanya di warteg, dengan komoditas nasi dan lauk pauk tercatat mengalami kenaikan," tutur dia, dalam konferensi pers, Jumat (1/3/2024).

Lebih lanjut Habibullah melaporkan, komponen komoditas nasi dan lauk pauk mencatat inflasi sebesar 0,30 persen pada Februari lalu. Dengan kenaikan itu, komponen nasi dan lauk pauk berkontribusi sebesar 0,01 persen terhadap inflasi.

Selengkapnya klik di sini.

2. SR020 Sudah Bisa Dibeli, Apa Saja Keuntungan Investasi Ini?

Pemerintah telah menetapkan besaran kupon atau imbal hasil dari investasi Sukuk Ritel SR020, yaitu sebesar 6,30 persen per tahun untuk SR020T3 (3 tahun) dan 6,40 persen per tahun untuk SR020T5.

Kupon atau imbalan Sukuk Ritel seri SR020 bersifat tetap (fixed coupon) sampai jatuh tempo. Jangka waktu SR020T3 pada 10 Maret 2027 dan SR020T5 pada 10 Maret 2029.

Investasi ini bisa dipesan secara online melalui e-SBN pada 30 mitra distribusi yang ditunjuk oleh pemerintah. Pemesanan SR020T3 atau SR020T5 bisa dilakukan selama masa penawaran berlangsung.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan Sukuk Ritel seri SR020 akan dipakai untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)

Selengkapnya klik di sini.

3. Catat, Ini Jadwal Mudik Gratis Kemenhub 2024

Program mudik gratis tersedia melalui jalur darat, laut, dan kereta api, yang digelar di beberapa titik simpul transportasi. Jalur darat Untuk jalur darat, tersedia program mudik gratis sepeda motor dengan bus dan truk.

Pendaftaran program mutik gratis sepeda motor dengan bus dijadwalkan pada 5 Maret-3 April 2024, secara online melalui aplikasi Mitra Darat.

Pada arus mudik dan balik, tersedia sebanyak 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor.

Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 5-7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik pada 14-15 April 2024.

Selengkapnya klik di sini.

4. Singapura Diprediksi Raup Rp 5,8 Triliun dari Konser Taylor Swift

Konser Taylor Swift bertajuk "The Eras Tour" yang akan digelar selama 6 hari di Singapura disebut berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama 2024.

Dilansir dari The Straits Times, Jumat (1/3/2024), para ekonom sibuk menghitung angka-angka atas dampak ekonomi yang ditimbulkan dari konser penyanyi asal Amerika Serikat itu.

Direktur penelitian makro ekonomi di Maybank, Erica Tay mengatakan, konser Taylor Swift yang digelar selama 6 hari di Singapura dapat menghasilkan pendapatan pariwisata sebesar 350 juta hingga 500 juta dolar Singapura.

Jika dirupiahkan, nilai 500 juta dollar Singapura setara Rp 5,8 triliun (kurs Rp 11.670 per dollar Singapura).

Selengkapnya klik di sini.

5. KAI Tebar Diskon Tiket 20 Persen di 9 Stasiun, Cek Syaratnya

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan diskon 20 persen untuk pembelian tiket kereta api lewat program "NGOPI BARENG KAI 2024" yang digelar pada 1-2 Maret 2024. Potongan harga tersebut dapat diperoleh di booth penjualan tiket kereta api yang berada di 9 stasiun selama acara berlangsung.

Adapun sembilan stasiun yang menyelenggarakan acara tersebut yakni Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Purwokerto, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Madiun, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Jember.

Tarif diskon ini tidak berlaku untuk Kereta Compartement, Luxury, Priority, Panoramic, atau kereta wisata lainnya. Selain itu, tarif diskon ini juga tidak berlaku reduksi (kecuali reduksi infant), tidak berlaku tarif khusus dan/atau diskon lainnya.

Program promo ini bisa juga dimanfaatkan untuk membeli tiket mudik Lebaran dengan harga lebih murah.

Selengkapnya klik di sini.

https://money.kompas.com/read/2024/03/03/070000926/-populer-money-beras-mahal-harga-menu-di-warteg-ikut-naik-jadwal-mudik-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke