Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga BBM Pertamax Cs Tak Naik hingga Juni 2024

Meski begitu, Kementerian ESDM akan tetap memantau pergerakan harga minyak ke depan, terlebih saat ini trennya memang menunjukkan kenaikan.

Ia bilang saat ini harga minyak mentah dunia mulai menyentuh 83 dollar AS per barrel.

"Kira-kira (sampai) Juni lah (tidak dinaikkan) kita lihat, karen sudah hampir 83 dollar AS," ujar Arifin saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Terkait dampak kebijakan menahan harga BBM-non subsidi terhadap keuangan PT Pertamina (Persero), dia enggan menjelaskan secara rinci. Arifin hanya memastikan sudah ada hitung-hitungan soal kebijakan tersebut.

"Kan nanti ada hitungannya," kata dia.

Sebelumnya, Arifin pernah menyampaikan tak menaikkan harga BBM hingga Juni 2024 diperlukan agar tak mengganggu aktivitas masyarakat, terutama dalam menjaga kestabilan kegiatan ekonomi.

"Kita masih menahan agar BBM tidak naik, terutama pada semester awal 2024 ini, enggak boleh naik, Pak Wiko, supaya aktivitas masyarakat tidak terganggu," ucapnya dalam acara seremonial tajak sumur di lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, Bojonegoro, Jumat (1/3/2024).

Ia menuturkan, beberapa waktu terakhir kondisi harga beras mengalami kenaikan. Pemerintah pun tengah fokus menekan harga beras, dan saat ini baru mulai stabil di pasar-pasa ritel modern.

Maka dalam kondisi itu, pemerintah memutuskan untuk menahan kenaikan harga BBM Pertamina di tengah tren kenaikan harga BBM oleh SPBU lainnya. Harapannya keputusan ini bisa menjaga laju inflasi.

"Jadi BBM kita jaga hari ini untuk memastikan ekonomi rakyat tetap tumbuh, ekonomi Indonesia tetap tumbuh, beban di rakyat hari ini harus kita jaga. Jadi kebijakannya seperti itu," ujarnya saat ditemui di Kantor BPKP, Jakarta, Senin (4/3/2024).

https://money.kompas.com/read/2024/03/08/193000826/harga-bbm-pertamax-cs-tak-naik-hingga-juni-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke