Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kredit Macet Pinjol Didominasi Anak Muda di Bawah 34 Tahun

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan, kredit macet penerima pinjaman (borrower) industri fintech peer to peer lending alias pinjaman online (pinjol) didominasi anak muda.

Sampai Januari 2024, sebanyak 63,36 persen borrower yang memiliki kredit macet di pinjol berusia di bawah 34 tahun.

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, LKM dan LJK Lainnya OJK Agusman menuturkan, secara umum industri fintech peer-to-peer lending memang memiliki demografi pengguna dengan usia yang relatif muda.

"Per Januari 2024, jumlah borrower berusia di bawah 34 tahun memiliki porsi sebanyak 59,47 persen dari total borrower aktif perorangan," kata dia dalam ketarangan resmi, dikutip Minggu (10/3/2024).

Jumlah tersebut setara 9,85 juta rekening borrower aktif di industri fintech lending.

"Sehingga kredit macet juga didominasi oleh borrower usia di bawah 34 tahun," imbuh dia.

Agusman menjelaskan, OJK belum memiliki rencana untuk membatasi batas minimal usia.

Adapun yang saat ini telah diatur dalam SEOJK 19/SEOJK 06/2023 tentang Penyelenggaraan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi adalah terkait penilaian (credit scoring) calon penerima dana yang memperhatikan kelayakan dan kemampuan untuk memenuhi kewajiban.

Aturan tersebut mengharuskan terpenuhinya repayment capacity sebesar 50 persen. Ini adalah perbandingan antara jumlah pembayaran pokok dengan penghasilan penerima dana.

"Dalam penyelenggaraan pinjol, calon borrower harus memiliki NIK untuk dapat dilayani sebagai penerima dana pinjaman," tandas dia.

Sebagai informasi, besaran kredit macet atau tingkat wanprestasi 90 hari (TWP90) industri dintech lending berada pada angka 2,95 persen per Januari 2024.

Angka tersebut tumbuh dibandingkan kredit macet pada Desember yang sebesar 2,92 persen. Meskipun begitu, peningkatan kredit macet ini disebut masih dalam tingkat yang wajar.

Di sisi lain, jumlah penyelenggara yang memiliki TWP90 di atas 5 persen justru turun menjadi 15 penyelenggara sampai akhir Januari.

Pada Desember 2023, jumlah pinjol yang memiliki kredit macet di atas 5 persen mencapai 19 penyelenggara.

https://money.kompas.com/read/2024/03/10/155700526/kredit-macet-pinjol-didominasi-anak-muda-di-bawah-34-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke