Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Banyak Kartu Kredit yang Sebaiknya Dimiliki?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kartu kredit memiliki banyak manfaat. Selain fleksibilitas dalam pembayaran, kartu kredit juga menawarkan berbagai manfaat atau reward dan membantu membangun skor kredit.

Tidak sedikit orang memiliki lebih dari satu kartu kredit untuk membantu memudahkan pembayaran. Ini termasuk dalam keadaan darurat atau genting.

“(Memiliki) beberapa kartu kredit dapat menawarkan fleksibilitas dalam berbagai opsi pembelanjaan, reward, dan peluang untuk membangun skor kredit,” kata Shonnita Leslie, pembuat konten keuangan pribadi, dikutip dari Apartment Therapy, Senin (25/3/2024).

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memiliki beberapa kartu kredit. Ini termasuk keuntungan dan kerugiannya.

Manfaat memiliki beberapa kartu kredit

Hal pertama yang harus dipahami dengan memiliki beberapa kartu kredit adalah bahwa hal itu dapat membantu tingkat pemanfaatan kredit Anda. Ini adalah persentase utang dibandingkan dengan kredit yang tersedia dan idealnya tetap di bawah 30 persen.

Pakar penganggaran Andrea Woroch menjelaskan, jika Anda memiliki beberapa kartu kredit namun saldo Anda tetap rendah, hal ini akan membantu skor kredit karena penggunaan kredit yang rendah.

Anda dapat memanfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan reward dalam berbagai kategori.

Memiliki beberapa kartu kredit juga dapat membantu Anda tetap teratur dalam hal pengelolaan keuangan, terutama jika Anda menggunakan satu kartu untuk kategori seperti pengeluaran untuk bisnis, pengeluaran untuk anak, perjalanan, rumah, dan pribadi.

Kekurangan memiliki beberapa kartu kredit

Anda tahu pepatah, lebih banyak uang, lebih banyak masalah? Hal yang sama juga berlaku untuk memiliki beberapa kartu kredit.

Ben Markley, pakar keuangan pribadi dan pembuat konten di YNAB, menjelaskan, pada akhirnya, lebih banyak kartu kredit berarti lebih banyak pembayaran yang harus dikelola, sehingga menciptakan potensi pembayaran yang terlewat lebih besar.

"Pembayaran yang terlewat berdampak lebih besar pada skor kredit Anda dibandingkan rasio penggunaan kredit yang sedikit lebih baik," ujar Markley.

Woroch juga menjelaskan, memiliki beberapa kartu kredit bisa jadi menggoda bagi mereka yang tergoda untuk berbelanja.

"Semakin banyak saldo yang Anda miliki, semakin besar potensi utang yang bisa Anda terima. Kecuali Anda paham dan melunasi tagihan, sebaiknya gunakan satu kartu kredit saja," saran dia.

Apakah memiliki beberapa kartu kredit mengganggu skor kredit?

Seringkali bukan banyaknya kartu kredit yang merugikan skor kredit Anda, tetapi cara Anda menggunakannya.

Jika rasio pemanfaatan kredit Anda tinggi karena Anda hampir memaksimalkan penggunaan masing-masing kartu kredit, skor kredit akan menurun. Hal ini dapat memberikan dampak yang jauh melebihi manfaat poin dan reward.

“Seiring waktu, skor kredit yang lebih rendah dapat mempersulit Anda mendapatkan pinjaman atau kredit di masa depan, dan memengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan perumahan, sehingga membatasi fleksibilitas finansial Anda," terang Leslie.

"Ini bukan hanya tentang kemampuan Anda membayar utang. Seringkali yang penting adalah jumlah utang yang Anda miliki," imbuh dia.

Jika memiliki beberapa kartu kredit merugikan skor kredit Anda karena keterlambatan pembayaran, konsultan keuangan Courtney Alev menyarankan untuk membuat pengingat jatuh tempo dan pembayaran atau menyiapkan opsi autodebet.

"Beberapa penerbit kartu kredit mengizinkan Anda mengubah tanggal laporan untuk menyinkronkan pembayaran di seluruh rekening, yang dapat membantu Anda melacaknya," tutur Alev.

Berapa banyak kartu kredit yang sebaiknya dimiliki?

Meskipun hal ini sepenuhnya bergantung pada pengguna kartu kredit, kemampuan untuk melacak beberapa kartu, dan apakah Anda dapat menggunakannya secara bertanggung jawab, Alev menyarankan untuk memiliki setidaknya satu kartu kredit.

Ini dapat membantu Anda membangun skor kredit, dan rekomendasi umumnya adalah memiliki dua kartu hingga tiga kartu kredit bersama dengan jenis kredit lainnya.

Namun, lebih banyak kartu kredit yang dapat bermanfaat jika Anda memiliki sistem untuk mengelolanya.

https://money.kompas.com/read/2024/03/25/073700126/berapa-banyak-kartu-kredit-yang-sebaiknya-dimiliki-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke