Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendag Klaim Harga Beras Turun hingga Rp 3.000 Per Kg

Hal itu dia ungkapkan dalam Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri di Jakarta, Senin (1/4/2024).

"Harga beras sudah mulai turun ada yang Rp 3.000, ada yang Rp 2.000, dan ada yang Rp 1.000. Yang jelas sudah enggak naik, sudah enggak naik lagi beras," katanya.

Menurut Zulhas, turunnya harga beras seiring sudah masuknya puncak panen beras. Berdasarkan catatannya, panen beras sebanyak 3,8 juta ton.

"Sudah panennya 3,8 juta ton sementara yang diperlukan tiap bulan 2,5 juta ton, jadi makanya harga sudah turun," katanya.

Bukan hanya beras, Mendag juga mengeklaim bahwa harga daging ayam ras juga ikut turun yang semula dibanderol Rp 43.000 per kg sudah turun menjadi Rp 40.000 kilogram.

"Bahkan, ada yang di bawah Rp 40.000 per kilogram itu di Jawa dan Sumatera ya," katanya.

"Harga telur dan daging ayam ras paling tinggi itu terjadi di minggu kedua Maret 2024 yang mencapai 6,89 persen dan jika dibandingkan dengan akhir Maret kemarin sudah melandai," katanya.

Amalia menjelaskan, selain karena permintaan, penyebab harga daging ayam dan telur ayam ras naik yaitu karena ketersediaan stok pakan ternak yakni jagung yang terbatas.

Sehingga, ketika ketersediaan stok pakan ternak tersedia di pasar dan harganya terjangkau akan membuat harga telur dan daging ayam ikut melandai.

"Faktor yang membuat kenaikan harga ayam dan telur ras adalah selain faktor kenaikan permintaan menuju Idul Fitri juga karena masih adanya efek pasokan pakan ternak, yakni jagung yang terbatas," ujarnya.

"Tapi, produksi jagung mencapai puncaknya di akhir Maret. Sehingga, seiring produksi jagung meningkat bisa melandaikan harga pakan ternak di pasar dan membuat harga daging dan telur ikut melandai," sambungnya.

https://money.kompas.com/read/2024/04/01/120902226/mendag-klaim-harga-beras-turun-hingga-rp-3000-per-kg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke