Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Harga Emas Antam Catat Rekor Lagi | Kemenperin Batasi Impor Kulkas hingga Laptop

1. Diborong Sejumlah Bank Sentral, Harga Emas Dunia Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa Lagi

Harga emas dunia menyentuh rekor tertinggi pada akhir perdagangan Senin (8/4/2024) waktu setempat atau Selasa (9/4/2024) pagi. Ini kali ketujuh secara berturut-turut emas mencapai level tertinggi sepanjang masa.

Penguatan harga emas didorong pembelian oleh bank sentral sejumlah negara, serta ketegangan geopolitik yang masih berlangsung di Timur Tengah.

Mengutip CNBC, harga emas berjangka Comex New York Exchange terpantau naik 0,5 persen ke level 2.357,2 dollar AS per ons.

Selengkapnya, silakan cek tautan ini.

2. Kepala BP2MI Minta Barang Kiriman TKI yang Tertahan Segera Diserahkan

Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani meminta pemerintah untuk mengeluarkan barang kiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tertahan di Tempat Penimbunan Sementara (TPS) Semarang, Jawa Tengah dan Surabaya, Jawa Timur.

Benny mengatakan, hal tersebut telah disampaikannya dalam rapat bersama Sekretaris Menteri Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian, Bea Cukai, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Keuangan di Jakarta, Selasa (9/4/2024).

"Barang-barang PMI yang tertahan di pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya) dan Tanjung Emas (Semarang), BP2MI berada pada posisi atau standing position meminta pemerintah untuk segera mengeluarkan barang-barang tersebut agar segera cepat tiba di keluarga para pekerja migran Indonesia," kata Benny dalam konferensi pers secara virtual, Selasa.

Simak selengkapnya di sini.

3. Cetak Rekor Lagi, Harga Emas Antam Capai Rp 1,306 Juta Per Gram

Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk melonjak Rp 17.000 per gram pada hari ini, Selasa (9/4/2024), setelah pada hari sebelumnya sempat turun Rp 10.000 per gram.

Mengutip laman Logam Mulia, harga emas Antam kini menjadi sebesar Rp 1.306.000 per gram dari hari sebelumnya seharga Rp 1.289.000 per gram.

Harga emas hari ini pun kembali tercatat sebagai rekor tertinggi sepanjang masa, mengalahkan rekor yang dicetak sebelumnya pada Sabtu (6/4/2024) dengan sebesar Rp 1.299.000 per gram.

Rincian harga emas Antam selengkapnya dapat dicek di sini.

4. Kemenperin Resmi Batasi Impor AC, TV, Kulkas, hingga Laptop

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) resmi membatasi importasi AC, televisi, kulkas, mesin cuci, laptop melalui penerbitan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 tahun 2024 tentang Tata Cara Penerbitan Pertimbangan Teknis Impor Produk Elektronik.

Direktur Industri Elektronika dan Telematika (IET) Kemenperin, Priyadi Arie Nugroho mengatakan, langkah strategis ini diwujudkan dalam mengembangkan industri elektronika di Tanah Air agar bisa lebih berdaya saing.

"Regulasi ini merupakan upaya konkret dari pemerintah dalam menciptakan kepastian berinvestasi bagi pelaku industri di Indonesia khususnya dalam rangka memproduksi produk elektronika di dalam negeri," kata Priyadi dalam keterangan tertulis, Selasa (9/4/2024).

Selengkapnya, silakan cek tautan ini. 

5. Jokowi Terbitkan Keppres Keanggotaan Indonesia di FATF

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 14 Tahun 2024 tentang Penetapan Keanggotaan Indonesia pada Financial Action Force (FATF).

Beleid ini menindaklanjuti hasil FATF Plenary Meeting di Paris, Perancis, yang dipimpin oleh Presiden FATF Raja Kumar pada Rabu, 25 Oktober 2023, yang secara resmi menyatakan Indonesia diterima sebagai anggota ke-40 FATF.

"Ini merupakan pengakuan dunia internasional atas efektivitas regulasi, koordinasi, dan implementasi rezim antipencucian uang di Indonesia," kata Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana dalam keterangan, Senin (8/4/2024).

Selengkapnya, silakan baca di tautan ini.

https://money.kompas.com/read/2024/04/10/072000026/-populer-money-harga-emas-antam-catat-rekor-lagi-kemenperin-batasi-impor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke