Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Mata Uang India dan Nilai Tukarnya ke Rupiah

KOMPAS.com - Nama mata uang India adalah rupee. Kode mata uang Indonesia yakni INR dengan simbol berupa ?, satu rupee terbagi menjadi 100 paise atau sen.

Bila menggunakan konversi nilai tukar saat ini, kurs rupees to rupiah adalah Rp 193 untuk setiap 1 rupee. Nilai kurs tersebut bisa berubah-ubah sewaktu-waktu karena dipengaruhi banyak faktor.

Seputar mata uang India

Mengutip Investopedia, nama mata uang India, rupee, berasal dari kata rupiya, koin perak yang pertama kali dikeluarkan oleh Sultan Sher Shah Suri pada abad ke-16.

Saat ini, koin di India diterbitkan dalam pecahan 50 paise, satu rupee, dua rupee, lima rupee, sepuluh rupee, dan 20 rupee.

Satu paise sama dengan 1/100 rupee. Koin bernilai 50 paise disebut koin kecil, sedangkan koin yang bernilai satu rupee atau lebih disebut koin rupee.

Sementara mata uang India dalam bentuk kertas atau uang kertas diterbitkan dalam pecahan 5, 10, 20, 50, 100, 500, dan 2.000 rupee. Di bagian belakang rupee kertas, pecahan dicetak dalam 15 bahasa, sedangkan pecahan dicetak dalam bahasa Hindi dan Inggris di sisi depan.

Uang kertas sering diperbarui dengan desain baru, termasuk perbedaan dari uang kertas Seri Mahatma Gandhi lama dengan uang kertas baru dengan nama yang sama.

Bila dirunut dari sejarahnya, pada abad ke-16, India menjadi sasaran kolonialisasi oleh bangsa Eropa, terutama Inggris. Pada saat itu, Inggris mulai memperkenalkan sistem mata uang yang terpusat, yang mengarah pada standar emas.

Pada pertengahan abad ke-19, India secara resmi dihubungkan dengan sistem mata uang berbasis emas yang diatur oleh Inggris. Rupee India menjadi bagian integral dari sistem ini.

Setelah India meraih kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1947, mata uang India tetap menjadi mata uang resmi negara tersebut. Pada tahun 1950, India mengadopsi konstitusi republik dan Rupee India menjadi mata uang resmi yang diakui di bawah hukum konstitusi baru.

Mata uang India ke rupiah

Untuk nilai tukarnya, mata uang India ke rupiah (rupees to rupiah) relatif berfluktuasi. Untuk setiap 1 rupee, saat ini setara dengan Rp 193.

Sementara bila dikonversikan ke dollar AS, 1 rupee setara dengan 0,012 dollar AS. Dengan kata lain, 1 dollar AS nilainya setara 82,61 rupee.

Jadi sudah tahu kan apa mata uang India saat ini maupun nilai tukarnya?

https://money.kompas.com/read/2024/04/13/132949126/mengenal-mata-uang-india-dan-nilai-tukarnya-ke-rupiah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke