Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Pabrik Sepatu Bata Tutup, Asosiasi: Pesanan Turun karena Lebaran

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) merespons ihwal tutupnya pabrik sepatu PT Sepatu Bata Tbk.

Direktur Eksekutif Aprisindo Firman Bakrie menilai, tutupnya pabrik sepatu Bata adalah karena kerugian dari penurunan pesanan pada bulan Ramadahan lalu dengan biaya yang tidak seimbang dengan pemasukan perusahaan.

Penurunan pesanan terjadi lantaran naiknya inflasi sehingga banyak kebutuhan pokok masyarakat, seperti pangan, yang naik drastis. Sehingga masyarakat masih lebih mengutamakan memenuhi kebutuhan pokoknya.

“Di tahun 2024 ini juga ramai tantangan, mulai dari inflasi pangan, dan lainnya. Beberapa brand pada Lebaran kemarin untuk segmen menengah dan menengah ke bawah mengalami penurunan dibanding untuk periode yg sama di 2023. Yang pasti, ini juga berpengaruh pada produsen alas kaki,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/5/2024).

Tak hanya sepatu Bata, menurut dia, sejumlah merek sepatu untuk segmen menengah je bawah mengalami penurunan penjualan pada Lebaran 2024 kemarin.

Walau demikian, menurut Firman, bisnis sepatu legendaris itu masih akan terus berjalan khususnya untuk bidang ritel.

“Selain produksi di Purwakarta, Bata juga masih memiliki skema bisnis berupa order maklun (pemesanan sepatu ke pabrik lain) untuk brand mereka,” katanya.

Sebelumnya, produsen sepatu terkemuka, PT Sepatu Bata Tbk (BATA), baru saja mengumumkan penutupan fasilitas produksinya di Purwakarta, Jawa Barat.

Keputusan pabrik sepatu Bata tutup ini sudah disampaikan manajemen dalam Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI).


"Keputusan untuk menghentikan aktivitas produksi Pabrik PT Sepatu Bata Tbk yang berada di Purwakarta berdasarkan Keputusan Direksi tanggal 30 April 2024 yang sebelumnya telah disetujui berdasarkan persetujuan dari Keputusan Dewan Komisaris tanggal 29 April 2024," kata Direktur Sepatu Bata Hatta Tutuko, dikutip pada Sabtu (4/5/2024).

https://money.kompas.com/read/2024/05/06/120300426/soal-pabrik-sepatu-bata-tutup-asosiasi--pesanan-turun-karena-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke