Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pabrik Sepatu Bata Tutup, Pengusaha: Pabrik Ada di Daerah dengan UMK Tinggi..

Direktur Eksekutif Aprisindo Firman Bakri mengatakan, penutupan pabrik satu-satunya Bata merupakan langkah perbaikan yang diambil dari sisi suplai.

"Kalau terkait penutupan pabrik artinya faktor produksi yang akan diefisienkan," kata dia, kepada Kompas.com, Senin (13/5/2024).

Langkah itu diambil dengan melakukan perbaikan di sisi produksi, yang dinilai tidak efisien, sebab berada di wilayah dengan upah minimum kabupaten/kota (UMK) yang tinggi.

Sebagai informasi, UMK Kabupaten Purwakarta pada tahun 2024 sebesar Rp 4,49 juta, naik sekitar 0,79 persen dari tahun lalu.

"Pabrik juga tidak besar dan pabrik ada di daerah dengan UMK tinggi," ujarnya.

Menurut Firman, jika permasalahan yang dihadapi Bata ialah persaingan pasar yang ketat, maka penutupan pabrik bukan menjadi solusi yang tepat, sebab penutupan terkait dengan faktor produksi.

"Karena Bata sendiri masih hadir sebagai brand," katanya.

"Kemudian tidak otomatis brand-brand baru juga masuk pada segmen atau positioning yang sama dengan brand Bata," sambungnya.

Sebagai informasi, pabrik sepatu milik PT Sepatu Bata Tbk (BATA) di Purwakarta, yang telah berdiri sejak 1994, resmi ditutup per 30 April lalu.

Direktur dan Sekretaris Bata Hatta Tutuko mengatakan, keputusan pabrik Bata tutup di Purwakarta itu dilakukan demi menjaga kelangsungan bisnis jangka panjang.

Perusahaan melakukan inisiatif tersebut untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang melalui pemasok lokal dan mitra lainnya.

"Bata merasa perlu untuk bertransformasi untuk melayani konsumen dengan lebih baik," kata Hatta dalam keterangannya dikutip dari Antara, Kamis (9/5/2024).

"Perusahaan tidak lagi dapat melanjutkan produksi di pabrik di Purwakarta dan sebagai gantinya perusahaan akan menawarkan produk-produk baru yang menarik yang dirancang dan dikembangkan oleh Bata serta produsen lokal dari pabrik mitra kami di Indonesia. Banyak di antaranya yang sudah bekerja sama dengan kami sebelumnya,” kata dia lagi.

https://money.kompas.com/read/2024/05/13/194000226/pabrik-sepatu-bata-tutup-pengusaha--pabrik-ada-di-daerah-dengan-umk-tinggi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke