Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kian Bertambah, Jumlah Investor Kripto di Indonesia Tembus 19,75 Juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah investor kripto Indonesia terus bertambah sampai dengan Maret 2024. Hal ini diikuti dengan kenaikan akumulasi nilai transaksi kripto.

Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK), Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto (IAKD) OJK Hasan Fawzi mengatakan, jumlah investor kripto di Indonesia mencapai 19,75 juta pada Maret 2024 lalu.

Jumlah itu meningkat sekitar 570.000 investor dari bulan sebelumnya.

"Total akumulasi nilai transaksi aset kripto sepanjang tahun 2024 tercatat senilai Rp 158,84 triliun," ujar Hasan, dalam konferensi pers RDKB April 2024, dikutip Selasa (14/5/2024).

Merespons perkembangan tersebut, OJK memastikan untuk terus mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan digital, penguatan ekosistem keuangan digital yang berkelanjutan, serta praktik bisnis yang etis dan bertanggung jawab, khususnya terkait dengan penerapan Artificial Intelligence di sektor ITSK.

Sementara itu, CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, Kenaikan transaksi kripto mencerminkan potensi pasar kripto di Indonesia dan menunjukkan bahwa aset kripto semakin diterima sebagai alternatif investasi yang menjanjikan.

Menurutnya, salah satu faktor utama yang mendorong lonjakan transaksi kripto adalah kenaikan harga bitcoin diikuti kenaikan koin-koin lainnya.

Dengan meningkatnya harga bitcoin hingga di atas Rp 1 miliar, investor dinilai cenderung melakukan transaksi lebih aktif, menyebabkan peningkatan signifikan dalam volume perdagangan.

"Kami melihat pertumbuhan positif dalam nilai transaksi kripto di Indonesia," kata dia.

Oscar pun membenarkan, untuk memfasilitasi peningkatan investor dan transaksi kripto, pengawasan yang tepat dan edukasi yang benar diperlukan untuk memastikan pertumbuhan berkelanjutan industri kripto.

Indodax akan mendukung edukasi ini lewat platform pelatihan, webinar, dan materi edukasi gratis, yakni Indodax Academy.

"Minat yang terus berkembang terhadap aset kripto di Indonesia mendorong kami untuk tetap berkomitmen dalam memajukan ekosistem kripto di Tanah Air," ucap Oscar.

https://money.kompas.com/read/2024/05/14/174218126/kian-bertambah-jumlah-investor-kripto-di-indonesia-tembus-1975-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke