Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siapkan Anggaran Negara 2025, Sri Mulyani: Semua Menanyakan Makan Siang Gratis Bagaimana...

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, saat ini pemerintah tengah menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

APBN 2025 nantinya akan menjadi anggaran negara untuk pemerintahan di bawah kepemimpinan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Bendahara Negara bilang, salah satu pertanyaan yang kerap dilontarkan dalam rangkaian proses penyiapan itu ialah apakah program unggulan Prabowo, yakni makan siang gratis dan susu gratis, masuk ke dalam APBN.

"Tentu semuanya selalu menanyakan tentang makan siang gratis gimana Bu," kata dia, dalam seminar nasional Jesuit Indonesia, di Jakarta, Kamis (30/5/2024).

Perempuan yang akrab disapa Ani itu tidak membeberkan secara langsung apakah program makan siang gratis masuk ke dalam alokasi APBN 2025.

Namun demikian, Ani memastikan, dalam perumusan APBN 2025, pemerintah melakukan koordinasi dan konsultasi dengan pihak presiden terpilih, sebagaimana tradisi dari persiapan anggaran negara pada periode transisi.

"Kita memberikan kerangka besar, amplop besarnya. Ini loh APBN yang nanti kita sampaikan kepada pemerintahan baru," ujarnya.

Lebih lanjut Sri Mulyani bilang, dalam pelaksanaan belanja negara, pemerintah memang terus fokus melakukan investasi terhadap sumber daya manusia (SDM).

Menurutnya, investasi untuk pengembangan kualitas SDM menjadi syarat mutlak apabila Indonesia ingin merealisasikan mimpinya menjadi negara maju.

Oleh karenanya, dalam pelaksanaan belanja negara, pemerintah mengalokasikan 20 persen untuk pendidikan, 6 persen untuk kesehatan, dan jaminan sosial hingga 50 persen dari alokasi belanja negara.

Sebagai informasi, dalam dokumen kerangka Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025 terdapat program unggulan baru yang disisipkan oleh pemeirntah, yakni peningkatan gizi nasional.

Program peningkatan gizi itu masuk ke dalam program pendidikan. Adapun besaran anggaran yang disiapkan sebesar Rp 708,2 triliun sampai Rp 741,7 triliun pada 2025.

https://money.kompas.com/read/2024/05/30/160955226/siapkan-anggaran-negara-2025-sri-mulyani-semua-menanyakan-makan-siang-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke