Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UMKM Bisa Manfaatkan Teknologi Generate AI untuk Kembangkan Bisnis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tantangan UMKM di era digital berkaitan dengan sumber daya terbatas, namun dituntut untuk memberikan dukungan pelanggan yang cepat dan efektif.

Oleh karena itu, UMKM membutuhkan lebih banyak fitur dan konten yang memudahkan dalam meningkatkan produktivitasnya. Kebutuhan ini dapat diatasi oleh teknologi Generate AI.

Perusahaan layanan konsultasi dan jasa teknologi informasi (TI) ICS Compute menghadirkan Redpumpkin Generative AI Assistant Platform. Platform ini dibuat dengan menggunakan layanan Amazon Web Services (AWS), sehingga dapat memberikan kemudahan dari sisi implementasi, harga yang amat terjangkau, dan performa yang kuat, menjadikannya ideal untuk UMKM.

“Redpumpkin Gen AI Assistant, solusi sempurna untuk bisnis yang ingin meningkatkan layanan pelanggan, otomatisasi tugas, dan produktivitas," ujar CEO dan Pendiri ICS Compute Budhi Wibawa dalam keterangan resmi, Rabu (5/6/2024).

Melalui layanan cloud AWS, lanjutnya, ICS Compute menyediakan solusi yang terjangkau, cepat diimplementasikan, dan kuat, memungkinkan UMKM mengakses teknologi canggih sesuai kebutuhan mereka.

Pihak ICS menjelaskan, dbangun di atas infrastruktur Amazon Bedrock dan menggunakan model Anthropic, Redpumpkin memastikan keamanan dan privasi data pelanggan dengan service level agreement (SLA) uptime terbaik dan menerapkan protokol backup serta pemulihan sesuai best practice.

Dengan alat intuitif dan template yang dapat dikustomisasi, bisnis dapat dengan mudah membuat asisten virtual yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Template ini dapat disematkan langsung ke situs web pelanggan, memastikan integrasi yang mulus.

Platform ini dapat memproses teks, gambar, dokumen, dan URL, dan didukung berbagai jenis data seperti konten web (HTML), file teks (TXT, CSV, Markdown), PDF, file Microsoft Office (PPTX, DOCX, XLSX), dan transkrip YouTube, memungkinkan bisnis dapat melatih asisten virtual dengan data relevan untuk merespons pelanggan yang akurat melalui fitur "instruction/prompting".

“Redpumpkin Generative AI Assistant adalah solusi siap pakai dan terjangkau untuk masalah operasional UMKM. ICS Compute menyediakan dukungan penuh dari konsultasi hingga training kepada para pelanggannya, memastikan setiap bisnis dapat mengadopsi teknologi ini dengan mudah,” jelas Budhi.

Proses implementasi produk ini berlangsung cepat, hanya dalam hitungan hari. ICS dapat melakukan implementasi di lingkungan AWS pilihan pelanggan, baik AWS Private pelanggan atau lingkungan AWS yang disediakan ICS sebagai solusi SaaS.

Dengan kemampuan analisis data, asisten virtual ini pun dapat memberikan insight tentang tren penjualan dan preferensi pelanggan, membantu pemilik UMKM membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Didukung oleh NLP dan Anthropic Cloud v3, asisten virtual ini mendukung beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Menurut Budhi, teknologi Gen AI memainkan peran penting dalam demokratisasi produk high teknologi di berbagai skala bisnis.

“Dengan Redpumpkin Gen AI Assistant, UMKM dapat mengalami peningkatan produktivitas signifikan, mengurangi beban kerja hingga setengahnya dengan memanfaatkan data yang dimiliki. Hal ini tentunya menghasilkan respons yang lebih efisien, meningkatkan produktivitas operasional hingga 60 persen,” tambahnya.

Budhi mengatakan, asisten virtual berbasis Gen AI dapat bermanfaat di berbagai sektor seperti ritel dan e-commerce, perhotelan dan pariwisata dengan layanan setiap saat, kesehatan dengan jadwal dan pertanyaan umum, pendidikan dengan efisiensi administratif, keuangan dan asuransi dengan informasi real-time, serta dukungan teknis di manufaktur.

https://money.kompas.com/read/2024/06/05/180918926/umkm-bisa-manfaatkan-teknologi-generate-ai-untuk-kembangkan-bisnis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke