Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

International Expo 2024 Libatkan Investor dari 20 Negara, BSI Bidik Transaksi Rp 1 Triliun

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) membidik transaksi Rp 1 triliun pada gelaran BSI International Expo 2024 yang dilaksanakan pada 20 sampai 24 Juni 2024 mendatang.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, BSI International Expo 2024 akan diikuti lebih dari 270 tenant para pelaku usaha halal dalam dan luar negeri, serta potential buyer dari 20 negara.

Setdaiknya beberapa negara yakni Arab Saudi, Mesir, Pakistan, Inggris, Korea Selatan, Qatar, Jepang, dan Malaysia, telah menunjukkan minat dan mengonfirmasi kehadiran pada gelaran ini.

Gelaran BSI International Expo 2024 yang akan berlangsung di JCC Senayan, Jakarta ini ditargetkan bakal menarik sekitar 5.000 pengunjung per hari, dengan total 20.000 sampai 25.000 pengunjung selama empat hari acara.

Hery mengatakan, BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia memiliki peran penting untuk berkontribusi membangun kapasitas dan kapabilitas industri halal.

Ia menuturkan, Indonesia memiliki potensi ekonomi syariah yang menjanjikan, didukung dengan populasi muslim yang besar yakni mencapai 85 persen dari 270 juta jiwa.

Kendati begitu, Indonesia bukanlah pemain utama ekonomi syariah dunia, masih kalah dbandingkan dengan Malaysia dan Arab Saudi.

Maka dari itu, potensi besar yang dimiliki RI perlu dioptimalkan untuk mendorong Indonesia menjadi pemain utama ekonomi syariah dunia.

Selain itu, UMKM juga memiliki peranan penting untuk terlibat dalam industri syariah di Indonesia. Sebab, kontribusi UMKM terdapat produk domestik bruto (PDB) nasional mencapai 60,5 persen.

Maka dalam BSI International Expo 2024, tersedia pameran yang diikuti sekitar 270 tenant UMKM terpilih dalam 21 kategori produk, seperti food & beverage, modest fashion, automotive, dan travel.

"Kita perlu membangun kapasitas dan kapabilitas untuk industri halal ini, sehingga tidak hanya kita jadi pengguna atau konsumen tapi juga kita jadi produsen sekaligus tuan rumah di negeri kita sendiri," ungkapnya.

Dalam gelaran BSI International Expo 2024 juga tersedia berbagai seminar yang bertemakan industri halal, serta pertunjukkan hiburan dan fashion halal.

Ia pun meyakini gelaran ini akan mendukung pertumbuhan UMKM dan memperkenalkan produk halal Indonesia ke pasar internasional, sehingga mendukung tercapainya visi Indonesia sebagai pusat industri halal global.

"Expo ini diharapkan menjadi acara tahunan yang dinantikan, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga oleh mitra bisnis dan pembeli di seluruh dunia,” tutup Hery.

https://money.kompas.com/read/2024/06/15/202100526/international-expo-2024-libatkan-investor-dari-20-negara-bsi-bidik-transaksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke