Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Politisi Golkar Bertarung di Luar Kandang

Kompas.com - 04/12/2008, 13:35 WIB

 

JAKARTA, KAMIS-Empat politisi Golkar yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X, Fadel Mohammad, Yuddy Chrisnandi, dan Marwah Daud Ibrahim memutuskan bersedia untuk mengikuti konvensi calon presiden yang diadakan Dewan Integritas Bangsa (DIB).

Kesediaan mereka bertarung di luar kandang Golkar tersebut disampaikan secara terbuka dalam silaturahmi DIB dengan para calon di Gedung Joang 45, Jakarta, Kamis (4/12).

"Kalau Golkar membuka saluran, kami tentunya tidak perlu mengikuti ini (konvensi DIB). Tapi karena ada hambatan struktural di Golkar, kami cari saluran lain. Dan kebetulan dari capres yang ada, dari Golkar yang banyak. Ini menunjukkan, kader Golkar berkualitas dan karena itu seharusnya tidak kemudian melahirkan sanksi atau bahkan diberhentikan oleh partai," kata Yuddy Chrisnandi.

Sultan sendiri saat ditanya tentang kesediaannya mengikuti konvensi yang setengahnya diikuti kader Golkar enggan berkomentar. "Jangan tanya saya kenapa mereka mau ikut. Bukan kompetensi saya," kata Sultan.

Selain keempat orang tersebut, dua calon lainnya yang menyatakan ikut dalam pertarungan adalah Bambang Sulistomo dan Rizal Ramli. Keikutsertaan Bambang sangat mengejutkan, karena sebelumnya putra Bung Tomo ini tercatat sebagai anggota DIB.

Sementara, mantan Ketua KPK Taufikurrahman Ruki menyatakan tidak memiliki kompetensi sebagai presiden sehingga urung mengikuti konvensi ini.

Konvensi calon presiden DIB akan dilaksanakan di 12 kota mulai 10 Januari 2009 hingga 7 Maret 2009 mendatang. Kota-kota yang menjadi lokasi konvensi adalah Yogyakarta, Padang, Surabaya, Denpasar, Medan, Banjarmasin, Makassar, Jayapura, Ambon, Jakarta, Gorontalo dan Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com