Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mei, GM Potong Gaji Karyawan

Kompas.com - 11/02/2009, 11:12 WIB

MICHIGAN, SELASA — General Motors Corp (GM) akan memotong upah 10.000 pekerjanya secara global. Selain itu, produsen mobil terbesar AS ini juga akan mengurangi gaji para pekerja kerah putihnya sebesar 10 persen. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi biaya operasional GM sekaligus memenuhi persyaratan atas digelontorkannya dana bail out dari Pemerintah AS senilai 13,4 miliar dollar AS kepada GM.

Rencananya, gaji dari sekitar 3.400 dari total armada kerja GM yang berjumlah 29.500 di AS akan segera disunat dan berlaku secara efektif pada 1 Mei. Dalam pernyataan resminya, GM mengatakan, pihaknya pun akan memotong gaji para eksekutif sebesar 10 persen dan memangkas sekitar 3-7 persen gaji staf biasa.

Memang, GM harus bergerak cepat untuk mengurangi biaya-biaya operasional setelah penjualan mobil di AS pada Januari kemarin anjlok 49 persen. Apalagi, GM dan Chrysler LLC harus segera membuat laporan kemajuan restrukturisasi bisnis dan menyerahkannya pada 17 Februari. Pemerintah AS memberi tenggang waktu bagi kedua produsen otomotif itu untuk segera mengembalikan pinjamannya paling lama pada akhir 2011.

Pada bulan lalu, GM memprediksikan penjualan industri otomotif di AS pada tahun ini hanya akan mencapai 10,5 juta unit mobil dan truk ringan. Sebagai perbandingan, tahun lalu penjualannya mencapai 13,2 juta dan rata-rata penjualan mobil AS dalam satu dekade ini mencapai 16 juta unit.

GM juga memprediksi, tahun ini penjualan global akan melorot menjadi 57,5 juta unit dari sebelumnya 67,1 juta unit pada tahun lalu. Prediksi tersebut lebih buruk daripada ramalan Desember untuk penjualan global sebesar 10 persen. (Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com