Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perekonomian Dunia Diramal Baru Membaik Tahun Depan

Kompas.com - 18/05/2009, 15:40 WIB

TOKYO,KOMPAS.com - Menurut Deputi I Managing Director International Monetary Fund (IMF) John Lipsky, perekonomian global akan mulai tumbuh pada tahun depan.

“Outlook perekonomian dunia saat ini memberikan indikasi adanya ekspansi global pada tahun depan. Meski demikian, tingkat kesembuhannya akan terjadi secara bertahap dibanding resesi terdahulu,” jelas Lipsky.

Berdasarkan hasil survei Bloomberg, tingkat perekonomian global melonjak ke level tertinggi dalam 19 bulan terakhir. Survei juga menunjukkan, petinggi bank sentral di seluruh dunia, mulai Pimpinan Federal Reserve Ben S Bernanke hingga Presiden Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet mengindikasikan resesi global akan semakin berkurang.

Lipsky juga mengatakan, penurunan ekonomi yang terjadi saat ini, masih jauh dari dari kata berakhir. “Sangat jelas terlihat, krisis yang terjadi saat ini sangat jauh dari kata berakhir. Dan, prospek untuk perbaikan yang lebih baik lagi di Asia sangat tergantung dari kecepatan rebound perekonomian global,” jelasnya. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com