Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ADB: Suatu Hari Indonesia Pasti Bebas Utang

Kompas.com - 30/07/2009, 18:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Lembaga keuangan internasional Asian Development Bank (ADB) memperkirakan, dengan iklim ekonomi yang makin membaik, suatu ketika Indonesia akan mampu lulus dan tidak lagi menjadi negara peminjam di ADB. 

"Dengan kebijakan dan iklim investasi yang makin membaik, bukan tidak mungkin Indonesia akan lulus dan tidak berhutang lagi," kata Ayun Sundari Humas ADB Indonesia di Jakarta, Kamis (30/7). 

Menurutnya, kondisi perekonomian Indonesia saat ini sudah berjalan dalam jalur kemajuan. Berdasarkan data ADB, Indonesia saat ini memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara dengan total GDP (2008) sebesar 511,9 miliar dollar AS. Dengan demikian, saat ini Indonesia masuk dalam kategori negara berpendapatan menengah dan tidak lagi berhak mendapatkan pinjaman lunak dari ADB dan Bank Dunia.

Namun, Ayun menegaskan, ADB tidak bisa memastikan kapan Indonesia bisa benar-benar lepas dari utang pada ADB. Menurutnya, tidak ada perhitungan matematis yang bisa memastikan kapan hal tersebut dapat terwujud. "Hitung-hitungan di atas kertas itu sulit. Karena kita harus lihat perkembangan yang terjadi," pungkas Ayun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com