Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Flu Babi, Pengunjung Paripurna Disensor Suhu Tubuh

Kompas.com - 03/08/2009, 09:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Merebaknya virus A-H1N1 alias flu babi ternyata sedemikian meresahkan. Sampai-sampai, para pengunjung Rapat Paripurna Luar Biasa, Senin (3/8), diperiksa suhu tubuhnya sebelum memasuki area ring satu Gedung Nusantara I, DPR, Senayan, Jakarta.

Dua orang petugas dari Departemen Kesehatan disiagakan di sejumlah pintu masuk dengan sebuah alat berwarna kuning dan biru bernama thermo scanner. "Iya nih, enggak tahu juga sampai segitunya. Tapi sudah protokoler, mau apa lagi," kata salah seorang petugas protokoler DPR.

Alat thermo scanner berbentuk seperti pistol. Untuk mengukur suhu tubuh, masing-masing pengunjung disensor di bagian wajahnya. Sebuah sinar merah tampak muncul dari alat tersebut. Thermo scanner disiagakan di setiap akses masuk ke area gedung tersebut.

Sementara itu, pengamanan di sekitar Gedung DPR tampak diperketat, meskipun tak seketat saat sidang paripurna untuk mendengarkan pidato kenegaraan pada 16 Agustus. Seperti standar pengamanan biasanya, beberapa pintu metal detector juga harus dilewati pengunjung rapat paripurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com