Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentoel Mengerem Aksi Korporasi Hingga Akhir Tahun

Kompas.com - 16/09/2009, 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bentoel Internasional Investama Tbk (RMBA) mengerem aksi korporasi yang besar hingga akhir tahun ini menyusul akusisi British American Tobacco plc (BAT) yang menguasai Bentoel sebanyak 99,7 persen pada 17 Juni lalu.

"BAT baru mengakuisisi Bentoel, berarti dia melihat Bentoel ini bagus, tapi harus ada penyesuaian, kita perlu melakkan perbaikan-perbaikan antara pihak mereka dengan kita. Sampai akhir tahun tidak akan ada aksi korporasi yang besar, biasa-biasa saja," kata Presdir RMBA Nicholaas B Tirtadinata seusai Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO) Bentoel I tahun 2007, di hotel Ritz Charlton, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (16/9).

Kendati demikian, dia menuturkan, kemungkinan perseroan untuk melakukan aksi korporasi masih terbuka lebar. Pasalnya equity yang dimiliki perseroan saat ini adalah sebanyak Rp1,3 triliun, sedangkan hutangnya adalah sebesar Rp1,7 triliun. Sehingga rasio debt to equity ratio nya (DER) masih akan sekitar satu kali.

DER adalah rasio yang membandingkan total utang dengan total ekuitas perusahaan. "Debt to equity kita membuat kita masih bisa mengelola, masih oke. Sehingga masih ada ruang untuk aksi korporasi," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com