Hapus Retribusi Nelayan

Kompas.com - 04/12/2009, 11:39 WIB
EditorGlo

SURABAYA, KOMPAS.com - Departemen Kelautan dan Perikanan meminta daerah menghapus retribusi terhadap nelayan. Daerah yang mau menghapus akan dapat insentif pengganti.

Sekretaris Jenderal Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP)Syamsul Ma'arif menuturkan, banyak daerah masih menarik retribusi dari nelayan. Retribusi itu cukup memberatkan. "DKP meminta daerah menghapus retribusi itu," ujarnya di Surabaya, Jumat (4/11).

Daerah yang mau menghapus akan mendapat insentif melalui dana alokasi khusus. Dengan demikian daerah tidak kehilangan dana akibat penghapusan retribusi. "Formulasinya akan dibicarakan DKP dengan daerah. Semangatnya untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Bagi nelayan kecil, penghapusan retribusi itu amat berarti," ungkapnya.

Insentif itu direncanakan berlaku mulai 2010. Namun, belum ditetapkan berapa alokasi dana untuk insentif. "Ini saya akan bertemu dengan Bappenas untuk membahas anggaran DKP," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.