Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemenang Nobel Romania Terilhami Kekejaman Polisi

Kompas.com - 08/12/2009, 05:33 WIB

STOCKHOLM, KOMPAS.com — Inspirasi menulis bisa datang dari mana saja, termasuk dari situasi negara yang kacau. Tidak percaya? tengoklah pengakuan pemenang hadiah Nobel Bidang Sastra yang satu ini.

Herta Mueller kemarin secara lugas membeberkan bahwa ketakutannyra terhadap rezim komunis Romania yang diktator telah menginspirasinya untuk menulis. "Haus kehidupan, kelaparan, semua ini terjadi," kata Mueller dalam kuliah tamunya di Akademi Nobel di dekat Royal Palace Stockholm.

Ia bercerita bagaimana kesulitan hidup di bawah pemerintahan komunis mendorongnya untuk pindah ke Jerman dan mulai menulis. Dalam ceramah berjudul Setiap Kata Tahu Ada Sesuatu dari Lingkaran Setan, ia banyak mengungkap bagaimana kejahatan polisi Romania menyiksa warga.

Namun, sebuah insiden membawanya kepada kepekaan untuk menulis apa yang dia lihat. Itu terjadi ketika seorang polisi membentaknya, menyuruh menulis sesuatu yang didiktekan. Dan sejak itu, ia banyak menulis. Mueller secara resmi akan menerima penghargaan di sebuah upacara pada Kamis ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com