Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakob Oetama: Ini karena Kerja Sama Tim

Kompas.com - 24/03/2010, 11:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketika menerima bintang tanda jasa "The Order of The Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon" dari Duta Besar Jepang Mr Kojiro Shiojiri, Presiden Komisaris Kompas Gramedia Jakob Oetama menegaskan, penghargaan ini semata-mata bukanlah hasil kerjanya sendiri. Oleh karena itu, bintang jasa ini lebih pantas didedikasikan atas sebuah kerja sama tim yang solid.

"Saya bangga, tetapi juga bersyukur lalu tahu diri ini bukan karena saya tapi karena kerja sama. Kelebihan dari sifat pekerjaan kita adalah team work. Tak hanya redaksi, tapi juga dengan manajemen, itu bersama-sama," tuturnya seusai menerima bintang jasa di kediaman Duta Besar di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (24/3/2010).

Jakob menegaskan, kerja sama tim akan menghasilkan buah yang baik jika berlangsung secara efisien, efektif, dan bersih. Selain itu, kerja sama tim tersebut, terutama pada meja editorial, dilandasi oleh tujuan memberikan kontribusi kepada kemajuan negara melalui pembentukan kultur, budaya kerja sama, manajemen, ekonomi, dan semangat kerja keras.

"Jadi sekali lagi, keberhasilan yang dicapai ini bukan hanya karena saya, tapi kerja tim," ucap Jakob Oetama ketika menutup sambutannya.

Bintang tanda jasa "The Order of The Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon" memang diberikan khusus oleh Kaisar Jepang terhadap orang-orang Jepang atau orang asing lainnya yang memiliki kontribusi istimewa bagi Jepang. Jakob Oetama memperoleh bintang jasa ini karena dinilai berperan besar dalam mengembangkan budaya Jepang di Indonesia dan meningkatkan hubungan antara Jepang dan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com