Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nielsen Monitor Iklan Media "Online"

Kompas.com - 20/04/2010, 13:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — The Nielsen Company Indonesia bakal melakukan pemantauan terhadap belanja iklan di media online dalam waktu dekat ini. Demikian disampaikan Associate Director Nielsen Media Indonesia Ika Jatmikasari di sela-sela jumpa pers di kantornya, Mayapada Tower, Jakarta, Selasa (20/4/2010). 

"Saat ini Nielsen sedang mengembangkan pola monitoring untuk media online. Mungkin nanti ke audience-nya dulu, bukan ke iklannya," kata Ika.

Saat ini iklan di media online belum bisa masuk ke dalam pemonitoran karena belum ada kategori yang tepat akibat banyaknya halaman yang bisa diakses sebuah portal berita. Selain media online, Nielsen juga akan melakukan pemonitoran pada media radio. Untuk langkah awal, pihaknya akan melakukan pemonitoran iklan pada radio di Jakarta. 

"Nanti radio di Jakarta dulu, baru ke daerah-daerah lainnya," ujar Ika.

Berdasarkan pemonitoran iklan terhadap 103 koran, 165 majalah dan tabloid, serta 24 stasiun televisi, pihaknya mencatat belanja iklan selama periode Januari hingga Maret 2010 mencapai Rp 13 triliun.

Kategori pengiklan terbesar adalah telekomunikasi yang mengeluarkan Rp 1,3 triliun atau meningkat 54 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang  hanya Rp 854 miliar.

Diperkirakan total belanja iklan sepanjang tahun ini bakal naik sekira 19 atau 20 persen dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai Rp 48,5 triliun. Menurut dia, naiknya belanja iklan tahun ini ditopang oleh naiknya tarif iklan yang dipatok oleh media dan ajang Piala Dunia 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com