Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Imbau "Biker" Gunakan Ekspedisi

Kompas.com - 03/08/2010, 20:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingginya angka kecelakaan kendaraan roda dua saat mudik 2009 yang mencapai 197 kasus, membuat Polda Metro Jaya melakukan langkah antisipatif dengan mengimbau para stakeholder agar tidak hanya menyediakan angkutan untuk pemudik, tetapi juga menyediakan ekspedisi khusus untuk mengangkut motor pemudik ke kampung halamannya masing-masing.

Wakil Direktur Lantas Polda Metro Jaya, AKBP Aris Subiyanto, mengatakan penyediaan angkutan untuk kendaraan roda dua adalah untuk mengubah pola mudik setiap tahun. Agar masyarakat beralih menggunakan angkutan yang lebih aman ketimbang kendaraan roda dua. "Nantinya diharapkan pemudik yang terbiasa menggunakan motor, berangkat tidak menggunakan motor lagi dari Jakarta. Tetapi di daerah yang sudah dekat dengan tujuan baru digunakan, sehingga tidak menguras stamina," jelas Aris, Selasa (3/8/2010).

Aris menambahkan faktor kelelahan juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Ia merinci dari 197 kasus kecelakaan pada 2009 mengakibatkan 27 orang meninggal, 101 orang luka berat, dan 155 orang luka ringan. "Angka inilah yang harus kita minimalisir, agar tidak terulang pada musim mudik tahun ini," katanya.

Ia juga meminta kepada stakeholder agar menyediakan jasa ekspedisi yang berpengalaman agar kendaraan roda dua yang diangkut tidak mengalami kerusakan dalam perjalanan. "Biar masyarakat tidak was-was mengenai bodi motornya, apakah nanti bisa lecet atau rusak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com