Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Sebut JK Sahabat di Munas Kadin

Kompas.com - 24/09/2010, 11:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka Munas Kadin VI di Jakarta Convention Center, Jumat (24/9/2010). Pada awal sambutannya, SBY sempat menyapa mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai sahabat. Kontan, sapaan ini menuai tepuk tangan dari hadirin yang datang.

"Yang saya hormati sahabat saya, Pak JK," sapa SBY kepada JK.

Ada sekitar tiga kali, SBY menyebut nama JK dalam sambutannya. Dua sapaan terakhir terdengar ketika SBY menyampaikan capaian pemerintah dalam meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat Indonesia selama masa pemerintahannya.

"Tahun 2004, waktu saya jalankan pemerintahan bersama Pak JK, income per kapita waktu itu 1.148 dollar AS per kepala per tahun. Sensus terakhir, Pak JK, sudah mencapai 2.963 dollar AS atau hampir dekati 3.000 dollar AS," katanya.

SBY pun mengatakan, sensus terakhir juga menyebutkan bahwa sekitar 30 persen penduduk Indonesia sudah memiliki pendapatan per kapita sebesar 5.356 dollar AS. Menurut dia, dengan data ini, daya beli masyarakat makin meningkat.

"Pasar kita makin besar yang apabila kita pandai-pandai memanfaatkannya dengan ekonomi yang baik, maka baik untuk perkembangan ekonomi dalam negeri," tandasnya.

Pembukaan Munas Kadin VI ditandai dengan pemukulan gong oleh Presiden  didampingi Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Gubernur DKI Fauzi Bowo, Ketua Umum Kadin Adi Putra Tahir, Ketua Penyelenggara Munas Kadin VI Haryadi Sukamdani, dan Ketua Pelaksana Munas Anindya Bakrie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com