Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DKK Bekali Pengungsi yang Pulang

Kompas.com - 25/11/2010, 14:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Sejak beberapa hari terakhir, tim Dana Kemanusiaan Kompas mengirimkan paket barang kebutuhan pokok bagi para pengungsi korban letusan Merapi yang sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Bantuan yang dihimpun dari pembaca Kompas maupun sejumlah lembaga, termasuk anak-anak sekolah, itu diberikan hampir di semua daerah yang terkena dampak letusan Merapi, di Sleman, Klaten, dan Magelang.

Ketua Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas M Nasir di Jakarta, Kamis (25/11/2010), menyatakan, pemberian paket bahan pokok itu dilandasi kenyataan bahwa ketika para pengungsi kembali, mereka sudah tidak punya apa-apa lagi. "Paket itu setidaknya bisa digunakan untuk makan sekeluarga beberapa hari," kata Nasir.

Bantuan dikirim melalui RT setempat untuk selanjutnya didistribusikan ke masing-masing keluarga. "Tapi ada juga yang langsung diserahkan kepada keluarga," tambah Nasir.

Sampai saat ini, kata Nasir, DKK sudah membagikan paket bahan pokok senilai Rp 200 juta, yang merupakan sisa alokasi dana dapur umum yang kini sudah ditutup. Ke depan, DKK masih akan terus membagikan bantuan dari para pembaca Kompas dalam berbagai bentuk pada periode rehabilitasi.

Saat ini, misalnya, tim DKK masih melakukan studi untuk rehabilitasi sarana air bersih di tiga desa di Sleman.

Sejak letusan Merapi, tim DKK juga sudah mendirikan dapur umum di Bentara Budaya Yogyakarta dan memasok ke sejumlah lokasi pengungsian. Selain itu, berbagai bantuan berupa pakaian, alas tidur, dan perlengkapan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com