Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Persen Kebutuhan Daging Sapi Terpenuhi

Kompas.com - 17/02/2011, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pertanian Suswono menyatakan, produksi sapi dan daging sapi nasional mampu memenuhi 70 persen kebutuhan dalam negeri. "Yang jelas, 70 persen sudah bisa dipenuhi dari dalam negeri," kata Suswono ketika ditemui di kompleks Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/2/2011).

Suswono menjelaskan, data 2010 mencatat, jumlah sapi bakalan dalam negeri mencapai sekitar 450.000 ekor, sedangkan produksi daging sapi sekitar 70.000 ton.  "Nah, dua ini yang menjadi andalan selama ini," kata Suswono.

Oleh karena itu, pemerintah kemungkinan masih mempertahankan target impor sebanyak 30 persen untuk memenuhi kebutuhan daging sapi nasional.

Dia menegaskan, pemerintah pasti akan berusaha menurunkan jumlah impor sapi. Hal itu sejalan dengan target pemerintah untuk mencapai  swasembada ternak pada 2014.

Rencananya, pemerintah akan mengadakan sensus ternak. Sensus ternak itu berguna untuk mengetahui secara pasti kemampuan produksi dalam negeri sehingga pemerintah bisa menentukan angka impor.

Sensus ternak akan dilakukan bersama Badan Pusat Statistik. Sensus nasional itu kemungkinan akan berlangsung setelah penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Pertanian dan Badan Pusat Statistik pada Maret 2011.

Pemerintah juga berniat untuk meningkatkan produksi sapi dalam negeri dan hewan ternak yang lain guna mencapai swasembada ternak pada 2014. "Kalau misalnya sekarang sudah ada data berarti nantinya kemungkinan kita akan memperbanyak bibit. Dari luar negeri tidak apa-apa, kita sementara impor, nanti pola apa yang harus kita lakukan," kata Suswono.

Berdasar ketentuan, kata Suswono, swasembada ternak bisa tercapai jika produksi ternak dalam negeri mencapai 90 persen dari total kebutuhan nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com