Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Protes Pabrik Gula Baru

Kompas.com - 01/07/2011, 03:09 WIB

SURABAYA, KOMPAS - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Jawa Timur memprotes pembangunan dua pabrik gula di Jatim. Pabrik itu dikhawatirkan digunakan untuk mengolah gula mentah menjadi rafinasi dan bukan tebu rakyat.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jatim Kadar Oesmadi di Surabaya, Kamis (30/6), mengatakan, rencana pemerintah melalui PT Kebun Tebu Mas (KTM), membangun dua pabrik gula, yakni di Kedungpring dan Mantup, Lamongan, tidak murni untuk menyelamatkan petani tebu.

Idealnya, kata Kadar, sebelum membangun pabrik gula, PT Kebun Tebu Mas harus sudah menyediakan perkebunan tebu sehingga pabrik bisa beroperasi. ”HKTI tidak pernah diajak dalam pembahasan terutama menyangkut kapasitas produksi,” katanya.

Menurut Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) PTPN X ini, kekhawatiran HKTI beralasan karena untuk menciptakan lahan baru tidak cukup lima tahun. ”Prinsipnya tidak ada penolakan pembangunan pabrik gula baru, hanya perlu diketahui seberapa banyak tebu rakyat bisa diserap,” ujar Kadar.

Dia mengharapkan, jangan sampai kejadian di Pabrik Gula Cipiring, Jawa Tengah, terjadi di Jatim. Pabrik, yang awalnya diproyeksikan mengolah tebu, ternyata dipakai mengolah gula setengah jadi kemudian diedarkan untuk masyarakat. ”Bahan baku seluruhnya impor berupa raw sugar (gula mentah),” katanya.

Secara terpisah, Direktur Operasi PT KTM Agus Susanto mengatakan, perizinan sudah selesai. ”Pabrik diharapkan beroperasi komersial September 2013 atau April 2014,” ujarnya.

Pembangunan pabrik yang dimulai September mendatang, berlokasi di Kecamatan Mantup dengan lahan 95 hektar. Saat ini, pembebasan lahan mencapai 40 hektar. Pabrik tersebut rencananya berkapasitas 10.000- 12.000 ton per hari.

Agus menyatakan, bahan tebu akan diambil dari tebu sendiri atau tebu rakyat. Apalagi, berdasarkan informasi dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Lamongan, wilayah itu memiliki potensi lahan yang bisa ditanami tebu seluas 30.000 hektar.

Adapun lahan yang dialokasikan untuk PT KTM seluas 18.000 hektar. Selain itu, PT KTM juga akan membeli tebu dari rakyat dengan sistem jual putus.

Dalam pembelian ini, PT KTM menggandeng BRI guna pembayaran tebu petani. Investasi mencapai Rp 2 triliun dan produk berupa gula kristal putih dan produk sampingan etanol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com