Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INVESTASI

Hankook Bangun Pabrik Ban di Cikarang

Kompas.com - 06/07/2011, 04:18 WIB

Seoul, Kompas - Perusahaan penghasil ban kendaraan bermotor asal Korea Selatan, Hankook, akan membutuhkan hingga 60.000 ton karet alam Indonesia. Karet itu akan diserap pabrik yang sedang dibangun di Cikarang, Jawa Barat, dengan total investasi 1,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,35 triliun.

CEO Hankook Suh Seung Hwa mengatakan, kebutuhan 60.000 ton karet itu akan tercapai saat pabrik beroperasi penuh pada 2018. Untuk tahap awal, Hankook akan membutuhkan 25.000 ton karet alam Indonesia.

”Tahap awal akan dimulai saat pabrik Cikarang mulai beroperasi tahun 2012 dengan target produksi 5 juta ban setahun. Saat ini proses pembangunan terus berlangsung,” ujarnya, Selasa (5/7), di Seoul, Korea Selatan.

Pada tahap awal pembangunan, Hankook menginvestasikan 360 juta dollar AS. Selanjutnya, secara bertahap, total investasi untuk fasilitas produksi akan bernilai 1,1 miliar dollar AS.

”Saat beroperasi penuh, kami menargetkan setidaknya diproduksi 12,5 juta ban per tahun dari pabrik Cikarang. Saat beroperasi penuh, kami akan membutuhkan 50.000 ton hingga 60.000 ton karet alam Indonesia,” ujarnya.

Pabrik itu akan menyerap hingga 4.000 tenaga kerja. Saat ini, Hankook sedang melatih 80 insinyur Indonesia di kantor pusat Hankook di Korea Selatan.

”Mereka akan menjadi tim pemula dalam operasi pabrik Cikarang. Kami juga akan mengirimkan ahli ke Cikarang saat produksi sudah berjalan. Mereka akan melakukan transfer pengetahuan pada pekerja setempat,” ujarnya.

Sementara Wakil Presiden Divisi Material Hankook Mun Dal Yong mengatakan, karet alam Indonesia memenuhi standar kebutuhan mereka. Posisi Indonesia sebagai pengekspor karet alam terbesar menguntungkan bagi Hankook yang akan segera memproduksi di Indonesia.

Basis ekspor

Wakil Presiden Eksekutif (Executive VP) Hankook Cho Hyun Bum mengatakan, pabrik di Cikarang akan menjadi basis produksi Hankook di Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Hampir 50 persen produksi dari pabrik di Cikarang akan dipasarkan di Asia Tenggara. Sisanya akan diekspor ke pasar global.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com