Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carrefour Buka 85 Gerai Tahun Ini

Kompas.com - 09/08/2011, 02:19 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Carrefour Indonesia berencana membuka 85 gerai di seluruh Indonesia pada tahun 2011. Dalam waktu dekat ini, perusahaan retail asal Perancis ini akan membukan gerai ke-83 di Pasuruan, Jawa Timur.

Hal ini disampaikan oleh Head of Public Affairs PT Carrefour Indonesia, Satria Hamid, di sela-sela acara buka puasa di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (8/8/2011).

"Alhamdulliah, kita (Carrefour) didukung oleh pemerintah kota setempat," ujar Satria.

Dengan keberadaan Carrefour, lanjut dia, tentunya dapat membantu pemerintah daerah dalam menyediakan lapangan kerja. "(Penyerapan tenaga kerja) sudah sekitar 80 persen dari penduduk sekitar, (sedangkan) 20 persennya sistem," tambah dia.

Selain itu, ia menambahkan, perusahaan retail ini dapat memberikan ruang usaha bagi 700 usaha kecil dan menengah (UKM) dari kota Pasuruan sendiri.

Mengenai konsep gerai di Pasuruan ini, ia menyebutkan bahwa gerai di Pasuruan berupa compact store, di mana gerai akan berdiri sendiri (stand alone), atau tidak bergabung dengan mall.

"Total luas lahan usaha penjualan sekitar 3.800 meter persegi," sebut dia, di mana gerai ini akan diresmikan pada 15 Agustus mendatang.

Dengan tipe compact store, maka varian produk tidak akan sebanyak hipermarket yang dapat mencapai 40 ribu stock keeping unit. Gerai di Pasuruan ini hanya akan mencapai 20 ribu stock keeping unit.

Setelah pembukaan di Pasuruan, Carrefour Indonesia berencana membuka gerainya di Magelang pada bulan Oktober, dan gerai di Solo pada bulan November tahun ini. Gerai di Magelang akan berbentuk compact, sedangkan gerai di Solo berbentuk hipermarket.

Dengan begitu, hingga akhir tahun ini, Carrefour Indonesia akan memiliki 85 gerai di seluruh Indonesia. Di mana gerai di Makassar merupakan gerai yang paling timur.

Carrefour pun akan terus berekspansi terutama di daerah penyangga. "Kalau bicara daerah penyangga, itu adalah Dati (Daerah Tingkat) II, di daerah ini masih terbuka luas potensinya (untuk usaha retail masuki)," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com