Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ADB Hibahkan 500.000 Dollar AS untuk Infrastruktur

Kompas.com - 19/09/2011, 13:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Pembangunan Asia memberikan hibah sebesar 500 ribu dollar AS untuk meningkatkan pengembangan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia. Dana itu diberikan melalui program dana Jepang untuk pengurangan kemiskinan (Japan Fund for Poverty Reduction/JPFR).  

Bantuan teknis ini akan meningkatkan kapasitas p emerintah untuk mengembangkan, melaksanakan dan memantau proyek kerjasama pemerintah untuk meningkatkan jumlah dan nilai proyek, yang secara komersial menarik dan berkelanjutan bagi sektor swasta, kata Perwakilan ADB Bob Finlayson dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (19/9/2011 ).

Proyek tersebut merupakan kerja sama pemerintah dan swasta (PPP ) yang dilaksanakan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebagai lembaga penanggung jawab bantuan teknis dan PT Sarana Multi Infrastruktur sebagai lembaga pelaksana.

Menurut ADB, meski pemerintah telah mengembangkan sejumlah proyek PPP namun belum menarik minat investor. Umumnya investor khawatir terkait desain, perencanaan dan pelaksanaan proyek.

Pasca krisis Asia pada dekade 1990-an pemerintah menangguhkan dan membatalkan proyek infrastruktur publik dan swasta yang telah direncanakan. Investasi pembangunan infrastruktur turun sekitar 4 persen, yakni dari 6-2 persen dari total Produk Domestik Bruto. Saat ini kondisinya sudah membaik menjadi 4 persen. Standar yang umum secara internasional, menurut Bob, adalah 6-7 persen. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com