Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Sekuritas: IHSG Melemah Terseret Bursa Asia

Kompas.com - 13/12/2011, 08:47 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks bursa saham Asia pada Selasa (13/12/2011) pagi ini bergerak melemah tajam mengikuti sentimen negatif di pasar Amerika Serikat dan Eropa. Riset HP Sekuritas memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan bakal bergerak melemah dengan kisaran rentang di level 3.750 - 3.810.

Pelemahan bursa regional tidak lain adalah karena pelemahan bursa AS yang dipicu oleh keraguan atas kesepakatan KTT Eropa pekan lalu serta revisi outlook dari Intel Corp. Intel Corp. memangkas proyeksi pendapatan untuk kuartal keempat dikarenakan penurunan pemesanan komputer akibat kelangkaan harddisk.

Turunnya bursa AS dan Eropa menyebabkan meningkatnya permintaan safe haven assets. Pelaku pasar melihat kesepakatan yang diperoleh dalam KTT akhir pekan lalu tidak cukup untuk membangkitkan keyakinan atas percepatan pemulihan di Eropa.

Lembaga pemeringkat Moody juga menyatakan kesepakatan tersebut tidak menghilangkan risiko penurunan peringkat negara-negara Euro dalam jangka pendek hingga menengah.

Krisis di Eropa, menurut Moodys, masih berada dalam level kritis dengan volatilitas tinggi dan kecenderungan instabilitas yang tidak terkontrol di pasar obligasi dan perbankan.

Di sisi lain lembaga pemeringkat Fitch menyatakan, ketidakmampuan pemimpin Eropa dalam menemukan penyelesaian yang komprehensif untuk menyelesaikan krisis utang di Eropa meningkatkan tekanan atas peringkat utang saat ini. Sentimen negatif yang berkembang di Eropa dan AS ini kembali mendorong kenaikan yield obligasi Italia (6,56 persen) dan Spanyol (5,8 persen). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com