Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airbus Pindahkan Sebagian Produksi Sayap ke Korsel

Kompas.com - 10/01/2012, 22:39 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Airbus memutuskan memindahkan sebagian proses produksi sayap pesawat dari pabrik di Broughton, Wales utara, Inggris, ke perusahaan dirgantara Korea Selatan (Korsel), Korean Aerospace Industries (KAI), Selasa (10/1/2012).

Menurut pernyataan anak perusahaan EADS tersebut, KAI dipercaya membuat panel-panel sayap untuk sayap pesawat jet penumpang jarak menengah Airbus A320. Perakitan akhir seluruh bagian sayap tetap dilakukan di Broughton, yang merakit sayap bagi semua pesawat buatan Airbus, termasuk pesawat superjumbo A380.

Sebanyak 200 staf yang terkena dampak pemindahan produksi ini, akan dipekerjakan lagi di bagian lain pabrik di Broughton.

Meski demikian, keputusan ini langsung menuai kritik dari serikat pekerja Inggris.

"Kami punya banyak perusahaan Inggris yang siap, mau, dan bisa melaksanakan pekerjaan bagi Airbus, tetapi tidak mendapatkan kontrak pekerjaan. Inggris adalah produsen sayap pesawat terbesar di dunia, tetapi kontrak ini melemahkah posisi Inggris tersebut dan memberi kompetitor global kami dengan keunggulan yang sebenarnya tidak perlu terjadi," kata Ian Waddell dari serikat pekerja Unite. (Reuters/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com