Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PERBANKAN

HSBC Jajaki Pembiayaan Ekspor Produk ke Amerika Latin

Kompas.com - 14/03/2012, 23:46 WIB
Subur Tjahjono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  HSBC Indonesia menjajaki ekspansi pembiayaan, untuk sektor korporasi yang berorientasi ekspor dan memiliki nilai tambah.

"Saat ini kami sedang menjajaki kemungkinan membiayai ekspor produk Indonesia yang memiliki nilai tambah, khususnya ke negara-negara Amerika Latin," kata Kepala Perbankan Bisnis HSBC Indonesia Haryanto Suganda, dalam siaran pers yang diterima Kompas, Rabu (14/3/2012).

Haryanto Suganda ikut dalam rombongan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, berkunjung ke tiga negara di Amerika Latin, yaitu Brasil, Peru, dan Cile pada 12-16 Maret 2012.

Amerika Latin diposisikan sebagai pasar yang strategis dan memiliki prospek perdagangan untuk Indonesia, untuk itu HSBC mengambil bagian dalam konektivitas internasionalnya.

Haryanto Suganda mengatakan, misi ini adalah kesempatan besar bagi perusahaan Indonesia untuk menunjukkan kemampuannya kepada negara-negara Amerika Latin, sebagai salah satu daerah ekonomi yang utama.

"Misi ini merupakan dukungan inisiatif yang tak kalah penting bagi Indonesia, karena mitra dagang dapat memperluas pasar HSBC. HSBC saat ini berada dalam posisi untuk memberikan link dan wawasan, untuk perusahaan yang terlibat dengan pasar-pasar nontradisional," tambahnya.

Haryanto menilai segmen korporasi yang berorientasi ekspor, pangsa pasarnya masih besar terutama ke negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi di tengah krisis ekonomi yang dialami oleh negara-negara di Eropa.

Dalam menghadapi persaingan global, HSBC menyiapkan sederet strategi, antara lain menyasar segmen yang sejalan dengan bisnis HSBC yaitu lebih memfokuskan diri pada pengusaha yang berorientasi ekspor dan impor.

Beberapa sektor usahanya mulai dari manufaktur ritel, garmen hingga tekstil dan serta produk sumberdaya alam Indonesia yang sudah memiliki nilai tambah.

HSBC saat ini melayani nasabahnya melalui 52 cabang, termasuk di antaranya lima cabang HSBC Amanah di enam kota besar di Indonesia.

Dengan dukungan lebih dari 3,000 karyawannya, saat ini HSBC Indonesia telah berkembang menjadi bank internasional terdepan di Indonesia, yang menawarkan layanan perbankan untuk nasabah perorangan dan wealth management, perbankan untuk korporasi dan institusi, treasury dan capital market, serta layanan perbankan syariah. (*/BUR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com