Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringkat Perusahaan Asia Tidak Terpengaruh Krisis Eropa

Kompas.com - 10/04/2012, 17:45 WIB
Anastasia Joice

Penulis

HONGKONG, KOMPAS.com — Lembaga pemeringkat Moody's Investors Service menyatakan, eksposur terhadap perekonomian Eropa yang sedang menurun tidak akan memengaruhi peringkat perusahaan di Asia.

Penilaian ini dibuat berdasarkan skenario bahwa produk domestik bruto (PDB) Eropa akan turun 1 persen pada tahun 2012. Demikian pernyataan Moody's di Hongkong, Selasa (10/4/2012).

"Walaupun banyak negara Asia yang tergantung pada Eropa sebagai pasar ekspornya, sebagian besar perusahaan di Asia yang diberi peringkat oleh Moody's tidak terlalu terpengaruh kondisi di zona euro karena mereka memfokuskan bisnisnya pada pasar domestik atau regional," kata Ping Luo, analis senior dan Vice President Moody's.

"Berdasarkan skenario paling rendah, kontraksi di zona euro mencapai 1 persen dari PDB pada tahun 2012. Eksposur tidak akan memengaruhi peringkat dan prospek dari sebagian besar perusahaan di Asia. Perhitungan ini berdasarkan pada pendapatan mereka dari Eropa serta asetnya, juga jumlah pinjaman dari perbankan Eropa," papar Luo.

Dari 217 perusahaan yang diperingkat di Asia, di luar Jepang, hanya 13 persen atau 6 persen saja yang melaporkan bahwa 15 persen atau lebih pendapatan mereka didulang dari pasar Eropa. Sebanyak 8 perusahaan di antaranya melaporkan, lebih dari 25 persen pendapatan mereka berasal dari Eropa.

Dalam laporan tersebut, Moody's menjelaskan, pelaporan pendapatan mungkin lebih kecil daripada keadaan sebenarnya. Laporan penjualan, misalnya, tidak termasuk penjualan bahan mentah serta bahan penghubung untuk perusahaan non-Eropa karena telah menjadi komponen barang jadi yang dijual ke Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com