Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dow Jones Terdepak ke Level Terendah 4 bulan

Kompas.com - 16/05/2012, 07:45 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Kabar tak sedap soal kegagalan Yunani membentuk pemerintahan baru menumbangkan bursa Wall Street, pada perdagangan Selasa (15/5/2012) waktu setempat. Bahkan, indeks Dow Jones Industrial Average terdepak ke level terendah empat bulan.

Pada penutupan pukul 4 sore di New York, tercatat indeks Dow Jones melorot 63,35 poin atau sekitar 0,5 persen ke posisi 12.632. Ini merupakan level terendah sejak 19 Januari lalu. Sementara itu, indeks Standard & Poor's jatuh 0,6 persen ke 1.330,66.

Koreksi terbesar terutama menerpa saham-saham berbasis komoditas, lantaran dollar AS terus menguat. Penguatan dollar terhadap euro dipicu spekulasi negatif Yunani akan didepak dari euro, karena ketidakpastian politik di sana. Yunani akan mengadakan pemilihan baru setelah Presiden Karolos Papoulias gagal membentuk pemerintahan koalisi, pasca pemungutan suara yang tidak bulat pada 6 Mei lalu.

Rilis data ekonomi Amerika Serikat yang menggembirakan pun tak mampu menyingkirkan isu negatif yang mencuat di Yunani. Kemarin, data industri manufaktur dan pembangunan rumah di wilayah AS tumbuh lebih bagus dari perkiraan.

Paul Zemsky, kepala manajer investasi dari ING Investment Management menilai, yang terjadi di pasar saat ini adalah kekhawatiran terhadap drama di Eropa. Menurutnya, terlihat jelas jika Yunani hengkang dari euro akan menjadi bencana bagi negara tersebut dan ongkos ekonominya akan sangat tinggi.

"Sudah ada beberapa data ekonomi AS yang baik, tetapi orang takut untuk memegang saham saat ini. Ini sangat membuat frustrasi," ujar Zemsky di New York. (Dupla Kartini/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com