Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Lebaran, Kebutuhan Uang Capai Rp 89,3 Triliun

Kompas.com - 23/07/2012, 20:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Proyeksi kebutuhan uang tunai masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri 2012 mencapai Rp 89,38 triliun atau naik 11,3 persen dibandingkan dengan tahun 2011, kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas.

"Persediaan uang di Bank Indonesia (BI) cukup untuk memenuhi proyeksi kebutuhan uang tunai periode Ramadhan dan Lebaran 1433 Hijriah, baik dari sisi jumlah keseluruhan maupun jumlah per pecahan," kata Ronald dalam konferensi pers di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin (23/7/2012).

Untuk uang pecahan besar di atas Rp 20.000, BI memperkirakan masyarakat membutuhkan Rp 81,12 triliun, sedangkan untuk pecahan kecil Rp 8,26 triliun.

"BI sudah meminta agar Perum Percetakan Uang RI bekerja lebih banyak pada periode ini untuk memastikan kebutuhan masyarakat akan uang tunai terpenuhi," kata Ronald.

Ronald menambahkan, dari Rp 89,3 triliun yang disediakan BI untuk sekitar Ramadhan ini, Rp 56,4 triliun di antaranya merupakan cetakan baru. Angka tersebut sudah mencapai hampir 30 persen dari rata-rata catak uang baru selama satu tahun yang mencapai sekitar Rp 160 triliun.

Ia mengemukakan, BI juga sudah meminta bank-bank di seluruh Indonesia untuk memperhatikan ketersediaan uang di setiap mesin anjungan tunai mandiri (ATM), terutama pada enam hari libur nasional.

"Lonjakan kebutuhan uang tunai seperti ini merupakan hal rutin sehingga BI sudah bisa menyiapkan diri dengan baik," kata Ronald.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com