Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Tenaga Kerja AS Diperkirakan Lesu

Kompas.com - 01/11/2012, 08:27 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Tingkat pengangguran di Amerika Serikat diperkirakan naik menjadi 7,9 persen pada Oktober lalu, setelah turun menjadi 7,8 persen pada September dari 8,1 persen pada bulan Agustus.

Namun, sejumlah ekonom optimistis bahwa kenaikan pada bulan Oktober itu diakibatkan perubahan ukuran penghitungan yang cenderung memberatkan tren jangka panjang. Pasar masih menantikan pengumuman resmi mengenai kondisi ketenakerjaan itu.

Kemungkinan penundaan dirilisnya data itu pascabadai Sandy, seperti dikutip tim riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Kamis (1/11/2012), telah dipastikan tidak terjadi. Dengan demikian, peserta pemilu di negara itu akan mendapatkan petunjuk terakhir dari data tenaga kerja bulanan dari pemerintah sebelum akhir pekan ini.

Laporan itu, selain memengaruhi kondisi pasar modal global, juga bakal menentukan pilihan warga setempat pada pemilu nasional. Laporan yang lebih penting, yaitu non-farm payrolls, diperkirakan naik sebanyak 124.000, sedikit lebih banyak dari kenaikan pada bulan September sebanyak 114.000.

"Perekonomian AS masih berada dalam jalur pertumbuhan yang anemic menjelang pemilu dan fiscal cliff," kata ekonom Action Economics, Benjamin Engen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com