Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF: AS Harus Segera Atasi Defisit Anggaran

Kompas.com - 06/11/2012, 07:59 WIB
Simon Saragih

Penulis

MEKSIKO, KOMPAS.com — Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde, Senin (5/11/2012), di Mexico City, mengatakan, siapa pun presiden AS mendatang harus segera mengatasi defisit anggaran negara itu.

Defisit anggaran negara kini sekitar 7,4 persen dari produksi domestik bruto (PDB). Besaran defisit anggaran yang relatif aman maksimal 3 persen terhadap PDB.

Defisit anggaran AS sudah jauh di ambang batas aman. "Kepemimpinan AS harus mengatasi defisit yang sudah rawan," kata Lagarde seusai pertemuan para menteri keuangan dan Gubernur Bank Sentral G-20 di Meksiko.

Indikator sudah memperlihatkan bahaya, katanya, karena itu AS harus segera menekan pengeluaran dan menaikkan pajak. G-20 juga sama-sama mendesak AS dan Eropa untuk mengatasi masalah keuangan negara karena sama-sama berbahaya bagi perekonomian dunia.

Defisit AS selama ini ditutupi dengan utang asal China dan Jepang. Jika indikator defisit makin membahayakan maka pasokan utang suatu saat bisa dihentikan dan ini berarti akan kiamat bagi perekonomian AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com