Kompas.com - 19/12/2012, 14:45 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang menyatakan bahwa pesawat Sukhoi Superjet (SSJ) 100 tidak mengalami permasalahan teknis saat kecelakaan dan jatuh karena terjadi human error membuat PT Sky Aviation semakin percaya diri untuk menggunakan pesawat buatan Rusia tersebut.

"KNKT menyebutkan pesawat tidak bermasalah, itu karena faktor pilotnya. Investigasi ini membuat Sky Aviation semakin percaya diri untuk mengoperasikan pesawat Sukhoi," kata GM Marketing Sky Aviation, Sutito Zaenuddin, di Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Seperti diketahui, Sky Aviation telah memesan sebanyak 12 pesawat SSJ 100 dengan kontrak pembelian pesawat yang bernilai 380,4 juta dollar AS. Pesawat Sukhoi Superjet 100 pertama direncanakan tiba di Indonesia pada Desember ini.

Sebelumnya, KNKT telah mengumumkan hasil investigasi insiden kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 yang menabrak tebing Gunung Salak, Bogor, 9 Mei 2012. Dari hasil rekaman kotak hitam diketahui bahwa pilot pesawat melakukan kelalaian. KNKT juga telah mengeluarkan rekomendasi untuk pihak pabrik pesawat Sukhoi maupun pengelola Air Traffic Controller (ATC) agar peristiwa semacam itu tidak terjadi lagi. (Hendra Gunawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.