Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peternak Nikmati Harga

Kompas.com - 08/02/2013, 02:26 WIB

Bandar Lampung, Kompas - Peternak sapi lokal di Lampung mulai menikmati tingginya harga jual daging beberapa bulan terakhir menyusul pembatasan impor sapi bakalan. Namun, para pedagang daging justru mengeluhkan tingginya harga karena menurunkan omzet.

Amro (30), salah seorang peternak sapi di Lampung Timur, Kamis (7/2), mengatakan, harga jual daging sapi dari peternak kini mencapai Rp 32.000 - Rp 33.000 per kilogram bobot hidup. Harga ini jauh di atas batas keuntungan yang bisa dinikmati peternak.

”Angka riil yang menguntungkan adalah minimal Rp 29.000 per kg. Kami berharap harga yang baik, melebihi ini (angka keuntungan minimal) bisa dipertahankan sehingga kami tetap semangat memelihara sapi,” ujarnya.

Para peternak sapi sempat terpukul dengan jatuhnya harga jual sapi di tahun 2009. ”Ketika itu, harganya hanya Rp 20.000 per kg. Jika dihitung dengan biaya perawatan, pakan, dan pembibitan, itu tak menutupi,” katanya.

Namun, tingginya harga jual ini justru dianggap merugikan pedagang dan konsumen. Itu mengakibatkan tingginya harga di tingkat konsumen yang mencapai Rp 90.000 per kg di Kota Bandar Lampung. Padahal, awal tahun lalu, harga daging sapi di Bandar Lampung hanya Rp 65.000 per kg.

Meroketnya harga jual daging sapi melemahkan daya beli konsumen sehingga omzet para pedagang daging merosot tajam.

Sujai (50), pedagang daging di Pasar Smep, mengatakan, omzet penjualannya turun drastis hingga 50 persen sejak melonjaknya harga daging sapi setengah tahun terakhir.

”Sekitar 30 persen dari anggota saya yang berjumlah 500 orang kini gulung tikar, tidak bisa melanjutkan usaha. Bahkan, ada yang berutang. Ini bukti nyata bahwa kebijakan pemerintah (soal pembatasan impor) pada praktiknya di lapangan, justru merugikan sebagian pihak, khususnya kami,” tutur Ketua Perkumpulan Pedagang Daging Bandar Lampung Tampan Sujawardi.

Seperti terlihat di Pasar Smep dan Pasar Pasir Gintung, sejumlah lapak-lapak daging sapi kosong. Pedagangnya tidak lagi berjualan. Bahkan, sebagian lapak ini berganti dengan komoditas lainnya. Tampan menyayangkan ketidakmampuan pemerintah untuk menjamin lancarnya ketersediaan pasokan sapi.

”Pemerintah bilang stok sapi lokal sebetulnya mencukupi. Itu hanya di dalam kertas. Kenyataannya sangat jauh. Stok di feedlot berkurang dratis, kami beli dari petani pun sulit,” katanya kemudian.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com