Bill Gates: Kemajuan Indonesia Menggairahkan

Kompas.com - 24/04/2013, 17:20 WIB
Penulis Rusdi Amral
|
EditorRobert Adhi Ksp

ABU DHABI, KOMPAS.com- Salah satu filantropi terkaya di dunia, Bill Gates, terkesan dengan kemajuan di Indonesia, yang dinilainya sangat menggairahkan. Meski demikian, Indonesia adalah negara luas yang membutuhkan keterlibatan masyarakat melalui kegiatan sosial.

Pendiri perusahaan perangkat lunak Microsoft yang juga pemilik Bill & Melinda Gates Foundation ini menyatakan sangat tertarik melakukan kegiatan sosial di Indonesia, khususnya di bidang kesehatan.

"Beruntung saya sudah memiliki partner lokal yang punya passion tinggi dalam kegiatan sosial " kata Gates usai penandatanganan kerjasama antara Bill & Melinda Gates Foundation dan partner lokalnya di Indonesia, Tahir Foundation, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu (24/4/2013). 

Wartawan Kompas Rusdi Amral dari Abu Dhabi melaporkan, Bill Gates akan memberikan sumbangan sebesar 100 juta dollar AS untuk kegiatan sosial di Indonesia. Sumbangan sebesar 100 juta dollar AS juga diberikan pengusaha Indonesia Dato' Sri Prof Dr Tahir MBA untuk kerjasama tersebut.

Dari 200 juta dollar AS (sekitar Rp 2 triliun) dana yang terkumpul, 150 juta dollar AS dialokasikan untuk kegiatan di Indonesia, sedangkan sisanya untuk kegiatan global.

Duta Besar Indonesia untuk Uno Emirat Arab, Salman Al Farisi menyatakan bangga dengan kerjasama tersebut, karena Indonesia tidak hanya dikenal sebagai penerima donor, tapi sudah setara dengan masyarakat internasional yang ikut berkontribusi dalam kepentingan global.

Dato' Sri Tahir menyatakan bangga bisa bermitra dengan Bill Gates. "Bukan soal uang yang diberikan, tapi kerjasama ini bisa memberi inspirasi untuk pengusaha lainnya berperan aktif dalam misi sosial.

"Kita lahir di indonesia, hidup dan dapat rezeki di Indonesia. Sudah saatnya kita mengembalikannya buat sesama," ujarnya.

Baik Bill Gates maupun Tahir sepakat mengaplikasikan kerjasama ini di bidang kesehatan, yakni pemberantasan penyakit Malaria, penanggulangan HIV/AIDS, penanggulangan penyakit TBC dan program keluarga Berencana (KB).

Tahir yang juga pemilik Bank Mayapada Group menyatakan, kolaborasi dua filantropis ini membuka peluang semua pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun masyarakat untuk ikut berperan.

Dalam waktu dekat, isteri Bill Gates, yakni Melinda Gates akan berkunjung ke Indonesia untuk menindaklanjuti kerjasama tersebut, sedangkan Tahir menunjuk putra bungsunya Jonathan Tahir sebagai manager relation kegiatan ini.  



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X