Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor Manufaktur AS Melemah

Kompas.com - 25/04/2013, 08:22 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor manufaktur di Amerika Serikat diperkirakan melambat, karena permintaan pesanan pada bulan Maret mencatat penurunan 5,6 persen.  Angka itu menurun dari 4,3 persen pada bulan sebelumnya, dan merupakan yang terendah sejak tujuh bulan terakhir.

Menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, sektor manufaktur AS cukup sensitif terhadap pelambatan ekonomi China dan masih resesinya ekonomi Uni Eropa.

"Namun, ekonomi AS masih diuntungkan dengan perbaikan di sektor perumahan dan otomotif," kata Lana di Jakarta, Kamis (25/4/2013).

Data pertumbuhan ekonomi negeri itu untuk triwulan pertama akan diumumkan Jumat (26/4/2013) mendatang. Diperkirakan sedikit melambat, namun masih di atas dua persen.

Pada World Economic Outlook IMF April, ekonomi AS diperkirakan melambat dari proyeksi sebelumnya 2 persen dibanding tahun sebelumnya (yoy), menjadi 1,9 persen yoy pada tahun 2013. Pelambatan ini juga terjadi pada ekonomi China dari 8,2 persen menjadi 8 persen.

Sementara itu Uni Eropa masih resesi dari minus 0,2 persen menjadi minus 0,3 persen dan ekonomi global turun dari 3,5 persen menjadi 3,3 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com