Kompas.com - 07/06/2013, 14:21 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Pemesanan tiket kereta api untuk arus mudik dan balik lebaran menuju Yogyakarta pada bulan Agustus mendatang telah mencapai 80 persen.

Untuk mengantisipasi terjadinya ledakan penumpang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah armada tambahan sebanyak tujuh rangkaian kereta api. Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Sri Winarto mengatakan, dengan penambahan itu pihaknya akan menyediakan 23 rangkaian kereta api, dari total kereta reguler sebanyak 16 rangkaian.

"Kapasitas angkut dari 16 KA reguler mencapai 12.000 kursi. Sampai sekarang sekitar 80 persen di antaranya sudah dipesan. Kami berharap penambahan tujuh KA dengan kapasitas 3.200 kursi bisa menampung masyarakat yang akan merayakan lebaran di Yogyakarta dan sekitarnya," kata dia, Jumat (7/6) di Yogyakarta.

Tujuh kereta tambahan pada untuk lebaran meliputi Argo Lawu, Dwi Pangga, Lodaya Pagi, Lodaya Malam, Sancaka Pagi, Sancaka Sore, dan Bengawan. Armada tambahan ini akan beroperasi mulai tanggal 1-19 Agustus 2013 mendatang.

"Pemesanan tiket paling banyak untuk masa arus balik terutama H+5 lebaran. Sedangkan, untuk masa mudik masih sedikit karena sebagian besar pemudik biasanya berangkat dari Jakarta ke Yogyakarta," ujar Sri Winarto.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X