Data Perekonomian AS Beragam, Wall Street Bergairah

Kompas.com - 27/06/2013, 21:03 WIB
SHUTTERSTOCK
EditorBambang Priyo Jatmiko


NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham di Wall Street sebagian besar dibuka menguat pada Kamis (27/6/2013), lantaran investor melihat data perekonomian AS yang beragam, sekaligus mengindikasikan bahwa bank sentral AS setidaknya tak akan menghentikan pemberian stimulus dalam waktu dekat ini.

Lima menit setelah perdagangan dibuka, indeks Dow Jones menguat 108,52 poin (0,73 persen) menjadi 15.018.66. Sementara itu, indeks S&P 500 bertambah 10,18 poin (0,63 persen) di posisi 1.613,44, sedangkan indeks Nasdaq naik 20,55 poin (0,61 persen) menjadi 3.396,77.

Penguatan tersebut melanjutkan reli yang terjadi dalam dua hari ini setelah pekan lalu indeks melemah.

Data Pemerintah AS terkait pengangguran menunjukkan bahwa penerima benefit atas bertambah 9.000 pada pekan lalu, dari pekan sebelumnya sebanyak 346.000 penerima.

Namun demikian, pendapatan dan belanja personal pada bulan Mei mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan April. Sementara itu jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu naik 1,8 persen.

“Data ekonomi AS cukup mendukung pasar, bahwa data perekonomian setidaknya bisa the Fed bisa menunda pengurangan pemberian stimulus," ujar analis dari Briefing.com, Patrick O’Hare.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.