Isu Seputar UKM Dibahas di Pertemuan APEC

Kompas.com - 15/07/2013, 19:47 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com -Isu seputar usaha kecil dan menengah (UKM) menjadi salah satu yang dibicarakan dalam pertemuan APEC, lantaran menjadi salah satu bagian pilar pertemuan kerjasama ekonomi Asia Pasifik itu, yakni fasilitasi.

Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Iman Pambagyo mengklaim, hal itu menunjukkan bahwa APEC bukanlah kegiatan yang mendorong liberalisasi ekonomi.

"APEC tidak mendorong-dorong liberalisasi, justru mendorong kerjasama yang sifatnya empowering, sifatnya fasilitatif, termasuk memfasilitasi UKM kita supaya lebih mampu memanfaatkan kerjasama ini," katanya di Kantor Kementerian Perdagangan, Senin (15/7/2013).

Selain UKM, pihak yang rencananya juga akan difasilitasi adalah pengusaha wanita dan pengusaha muda. Tujuannya supaya pelaku usaha tersebut bisa langsung melihat kesempatan untuk mengembangkan diri.

Untuk itu, Indonesia mendorong agar kerja sama APEC dapat lebih memperhatikan semangat inklusif, adil, dan persamaan kesempatan bagi UKM, pengusaha muda, dan pengusaha wanita, serta memberi kesempatan pada ekonomi berkembang untuk mengejar ketertinggalannya.

"Kami membahas langkah-langkah yang dapat ditempuh UKM, misalnya, agar dapat menjadi bagian dari mata rantai produksi perusahaan multinasional," jelasnya.

Selain itu, pemerintah juga mendorong UMKM bisa memanfaatkan preferensi yang ada pada kesepakatan perdagangan dengan negara lain untuk memperluas  pasar mereka.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X